oleh

DMDAKP Peringati Tahun Baru Saka 1951 Dengan Sedekah Bumi

KOTA BEKASI – Dewan Musyawarah Daerah Aliran Kebatinan “Perjalanan” Memperingati tahun baru Saka 1951, 1 Sura, komunitas penganut kepercayaan perjalanan menghelat sedekah bumi. Sedekah bumi dilaksanakan di Kampung Babakan RT 02/04, Kelurahan Mustikasari, Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (20/10).

Dengan tetap memegang teguh landasan dan nilai Pancasila dan UUD 1945, acara sedekah bumi berlangsung meriah. Sedekah bumi menjadi salah satu kekayaan budaya bangsa Indonesia yang diwariskan secara turun temurun.

“Sedekah bumi atau sasajen itu sastrajendra hayuningrat melambangkan kesuburan tanah pertiwi Indonesia. Jadi kita bertani menanam padi atau palawija dan memiliki hasil bumi kemudian bersyukur dengan sedekah bumi untuk orang lain,”kata Nurjan, pemuka penghayat Kota Bekasi.

Dia menjelaskan, ritual pihaknya sebagai penghayat atau penganut kepercayaan perjalanan melalui sedekah bumi, tidak dilakukan untuk orang yang sudah tiada. Sedekah bumi dilakukan sebagai rasa syukur dengan berbagi kepada orang lain.

“Ritual kita ini bukan diberikan untuk leluhur, bukan untuk arwah atau orang yang sudah tiada, tetapi untuk orang yang hidup,”terangnya.

Sebagai pemuka penghayat, pria yang akrab disapa Inoy ini menegaskan, warisan leluhur melakukan sedekah bumi memang dari karuhun sudah dilakukan untuk masyarakat.

Sama halnya dengan sedekah bumi di Mustikajaya ini, orang yang ingin berebut sesajen pun tidak hanya dari warga penghayat.

“Bukan untuk memanggil roh atau memanggil leluhur. Jadi yang aslinya itu barang dunia ini untuk orang hidup yang ada di alam dunia. Untuk karuhun kita doakan,”tuturnya.

Memaknai tahun baru Saka, lanjut Inoy, menjadi bahan instropeksi diri untuk menjadi lebih baik tahun ini dari tahun sebelumnya. Kegiatan sedekah bumi atau pun gerebek sura dilakukan secara rutin sebagai bentuk syukur.
Tahun baru Saka 1951 dicatat sebagai Candra Sangkala, Manunggaling Pakarti Marganing Rahayu. Artinya, dengan ucap tekad danlangkah maka harapan untuk tahun ini segala cita-cita akan terlaksana.

BACA JUGA :  PP KAMMI Minta DPR Segera Normalisasi Pilkada Tahun 2022 dan 2023

“Tahun baru Saka ini bukan hanay milik orang penghayat atau perjalanan, tetapi milik bangsa Indonesia, jadi kalalu bukan kita yang merayakan siapa lagi,”tambahnya.

Dalam acara malam sedekah bumi ini, warga penghayat melakukan perebutan sesajen yang berisi berbagai macam hasil bumi. Didominasi aneka buah-buahan hasil tanam mereka, dalam sesajen tersebut juga terdapat air kembang, kopi, garam, hingga telur. (Din)

News Feed