Komisi 1 Berharap Lelang Jabatan Sekda Bukan Sekedar Instrumen

Komisi 1 Berharap Lelang Jabatan Sekda Bukan Sekedar Instrumen

KOTA BEKASI – Komisi 1 DPRD Kota Bekasi berharap lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) ke depan adalah person yang benar-benar profesional dan berintegritas, memiliki komitmen untuk membangun kerjasama tim birokrasi yang kuat, memiliki pemahaman yang baik terhadap regulasi, dan mengayomi semua pihak.

“Sekda itu tidak semata hanya memahami keinginan Walikota, namun juga menjaga martabat dan etika dengan keteladanan yang baik,” kata Ketua Komisi 1, Chairoman J. Putro melalui sambungan selulernya.

Menurutnya, Sekda sebagai Chief of Executive di jajaran birokrasi, maka Sekda memiliki peran yang sangat stategis dalam membangun budaya kerja yang positif, profesional dan akuntabel bagi kepentingan publik.

Dikatakannya, jabatan Sekda diusulkan oleh Walikota, sehingga menjadi hak preogratif dari Kepala Daerah. Namun untuk kepentingan publik yang lebih besar, maka hendaklah pemilihan Sekda bukan berdasarkan like dislike secara personal Walikota.

“Tidak jarang kita menjumpai person yang tidak disukai. Namun, kapasitas, kompetensi, serta integritas moral dan kinerja yang sangat baik, justru lebih tepat untuk dipilih, karena mendatangkan kebaikan bagi kemajuan kinerja penyelenggara pemerintahan daerah, maupun pembangunan daerah,” jelasnya.

Sehingga demikian, lelang jabatan Sekda kembali ke Walikota. Lelang jabatan, kata Chairoman hanya sekadar instrumen, yang menjadikannya efektif atau tidak pada akhirnya political will dari Walikota, agar tidak sekadar pencitraan tetapi instrumen mencari right person for right place. (TIM)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.