oleh

Indiana Camp dan Stone Garden Wisata Unik dan Instagramble bagi Pengunjung

KABUPATEN BANDUNG – Jika anda ingin bertandang ke Bandung tidak ada salahnya jika mengisi liburan dengan pergi ke tempat yang unik dan antimainstream ini, cobalah mampir ke Indiana Camp dan Stone Garden.

“Meskipun lokasinya sedikit agak keluar kota, Indiana Camp Bandung masih berlokasi di kawasan Bandung, jadi para pengunjung yang datang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk sampai di sana,” ungkap Asep,¬† Minggu (17/3).

Pria yang akrab disapa Kang Empe ini mengatakan, nama Indiana Camp dan Stone Garden, memiliki arti taman yang dipenuhi oleh batu-batuan purba yang menyebar di setiap sisinya.

“Bentang karst yang terhampar di kawasan Citatah Kabupaten Bandung Barat memiliki nilai tersendiri bagi para wisatawan. Selain berfungsi sebagai aquifer dan sejumlah fungsi ekosistem lainnya, bentang alam yang belakangan dijadikan geopark ini menawarkan pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi dan keren pastinya untuk dipajang di instagram. Salah satunya yakni Indiana Camp dan Stone Garden,” tuturnya.

Tak hanya itu, Indiana Camp dan Stone Garden sendiri adalah kawasan konservasi arkeologi yang perlu dilindungi. Pasalnya, selain tempatnya yang berdekatan dengan kawasan penambangan batu kapur secara massal di daerah Tagog Apu, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Indiana Camp dan Stone Garden Padalarang terletak di Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat, untuk mencapai

“Indiana Camp dan Stone Garden cukup mudah, anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari Kota Bandung, kemudian langsung ke arah Cianjur dan berada di daerah Tagog Apu ada gerbang menuju Goa Pawon,” kata Empe.

Banyaknya Para Pengunjung Indiana Camp mengabadikan Momentum

Tak hanya itu, Indiana Camp dan Stone Garden merupakan sebuah bentang alam berupa batuan gamping dengan bentuk dan formasi tak beraturan.

BACA JUGA :  Menikah Mudah Hanya di 7th Bekasi Wedding Exhibition

Posisinya tepat berada di puncak Goa Pawon, rute penyusuran Goa tidak terlalu sulit karena saat ini telah tersedia pagar dan tangga yang membantu para wisatawan untuk berkunjung kesana.

Tidak jauh dari Indiana Camp dan Stone Garden, pihak pengelola menawarkan spot foto yang menantang dan cukup menguji adrenalin bagi para wisatawan, yaitu Indiana Camp. Indiana Camp menjadi spot unik karena memiliki beberapa fasilitas ekstrim bagi para wisatawan.

“Mulai dari hammock, bird nest, dan kursineng yang berada di tebing jurang menghadap langsung panorama alam,” tutur Empe.

Bahkan, para wisatawan dimanjakan juga oleh fasilitas refling dari sebuah jembatan yang tergantung diantara dua tebing dan spot foto menarik lain sepuasnya. Jadi, wisatawan tak perlu khawatir, karena dijamin oleh pihak pengelola disertai tersedianya fasilitas keselamatan.

Di akhir pekan, biasanya medan batuan kapur yang ada di kawasan geopark ini banyak dikunjungi oleh pecinta alam untuk mengasah kemampuan mereka baik mendaki maupun panjat tebing. Selain itu, kawasan ini dapat meningkatkan rasa penasaran bagi mereka yang datang berkunjung, khususnya dari kalangan mahasiswa.

Apabila anda berminat mengunjungi tempat wisata ini, sedangkan cara mengaksesnya cukup mudah. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dan sudah berada di sekitar Bandung, arahkan kendaraan ke arah Cipularang dan keluar gerbang tol Padalarang. Sedangkan, jika anda berangkat dari Jakarta, anda tinggal keluar di gerbang tol Padalarang kemudian mengambil arah menuju Padalarang, Cipatat, dan Gunung Masigit, jika kamu ingin mencapai puncak Stone Garden dengan jauh sekitar 1,5 km ini, kamu harus melakukan trekking ringan selama 30-45 menit dari tempat parkir kendaraan.

“Jalan setapak ini sebenarnya dipakai oleh penduduk setempat untuk pergi berkebun, namun pemandangan yang disuguhkan pun sangat indah,” jelas Empe.

BACA JUGA :  Pemkot Bekasi Raih Juara 1 Lomba BPJS Ketenagakerjaan 2018 Tingkat Jabar

Sesampai di puncaknya, kamu akan melihat banyak batu dengan berbagai ukuran yang tersusun secara unik dan alami sehingga menjadi lanskap indah dan unik.

Puncak Indiana Camp dan Stone Garden berada di kawasan Cipatat, Padalarang, Bandung Jawa Barat dengan ketinggian 907 meter di atas permukaan laut.

Yang perlu diingat, di puncak Indiana Camp dan Stone Garden tidak ada tempat untuk berteduh, jadi sebaiknya kamu mulai mendaki ketika pagi hari dan turun sebelum pukul 12 siang.

“Kita juga bisa menemukan pertambangan batu kapur di sekitar daerah Indiana Camp dan Stone Garden. Dari puncak Indiana Camp dan Stone Garden, kita bisa lihat perpaduan bukit kapur berwarna putih dengan pepohonan berwarna hijau,” terang Empe.

Tips liburan ke tempat ini bagi pengunjung yang datang, berhati-hatilah dalam melangkah. Kemudian, ikuti petunjuk naik dan turun di Indiana Camp dan Stone Garden. Yang ketiga, jaga keindahan dan keasrian tempat ini ya.

“Trek yang dilalui bermacam-macam seperti jalan setapak, tanjakan yang memiliki jalur yang terjal dan cukup menantang sehingga banyak tenaga yang perlu kamu habiskan,” pungkasnya. (Fiq/ Len)