oleh

Website Launching, Permudah Wisatawan Berkunjung ke Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

JAKARTA SELATAN, Beritapublik.co.id – Sesuai dengan dikeluarkan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta No.3 Tahun 2005 sejak 10 Maret 2005, yang menetapkan Setu Babakan sebagai Perkampungan Budaya Betawi atas permintaan Badan Musyawarah Masyarakat Betawi (Bamus Betawi)

Saat ini Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan merupakan salah satu pilihan destinasi Wisata Budaya di Jakarta. Namun, sayangnya hingga kini, masih banyak warga Jakarta sendiri yang tidak tahu apa itu Perkampungan Budaya Betawi, atau bahkan dimana letak PBB Setu Babakan ini.

Frances Caitlin Tirtaguna, selaku Penulis buku ONDEL- ONDEL GALAU yang berisi tentang kebudayaan Betawi, melakukan riset di PBB Setu Babakan tahun lalu dalam rangka penulisan bukunya.

 

“Pengalaman saya melakukan riset di sana membuatnya berfikir mengenai banyak hal tentang PBB Setu Babakan, mulai dari minimnya informasi online yang kredibel yang bisa didapatnya saat melakukan riset hingga perekonomian masyarakat di PBB Setu Babakan,” ungkapnya disela-sela kesibukannya.

 

Remaja aktif berusia 16 tahun ini, akhirnya berinisiatif untuk membuat sebuah portal WEBSITE PBB Setu Babakan agar siapapun bisa mengakses dengan mudah informasi lengkap tentang Kebudayaan Betawi dan Perkampungan Budaya Betawi. Website ini pun mempermudah wisatawan yang ingin berkunjung untuk mencapai lokasi PBB Setu Babakan.

Maksud dan tujuan Frances disambut baik oleh para tokoh Betawi dan Unit Pengelola Kawasan (UPK) PBB Setu Babakan. Atas permintaan Abang dan Mpok di UPK PBB Setu Babakan serta Bang Indra Sutisna dan Bang Yahya Andi Saputra sebagai tokoh masyarakat Betawi sekaligus pembimbing dan pendamping Frances dan teamnya dalam penyusunan isi website ini, maka disepakati nama website adalah www.setubabakanbetawi.com atau www.perkampunganbudayabetawisetubabakan.com.

Website yang diinisiasi Frances ini berisikan tentang Sejarah, Profil, Fasilitas, Ragam Budaya (mulai dari Kesenian, Adat & Tradisi, Pakaian Adat, Transportasi Tradisional, Rumah Adat, Permainan, Seniman & Tokoh hingga Kuliner Betawi), Acara & Berita serta Mitra Pedagang.

BACA JUGA :  Coklit Serentak, KPU RI Sambangi Kediaman Petahana Rahmat Effendi

“Melalui website ini saya bertekad untuk dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat PBB Setu Babakan. Karena pengunjung Website bisa dengan mudah mencari makanan dan minuman tradisional Betawi, kerajinan dan batik Betawi, hingga sanggar-sanggar Kesenian Betawi yang diperlukan,” paparnya.

Frances berharap, para Mitra Pedagang dan Pengrajin PBB Setu dapat berkesempatan untuk memiliki pasar yang lebih luas.

Website ini telah diserahterimakan Rabu, (15/5), di UPK Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan yang beralamat di Jl. RM. Kahfi II, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12640.

Dalam acara tersebut, Frances akan menyerahkan secara simbolis dan merilis secara bersama WEBSITE yang dibuatnya kepada Ketua UPK PBB Setu Babakan, Ibu Hj. Rofiqoh Mustofa, didampingi oleh Budayawan Betawi Bang Indra Sutisna, Bang Yahya Andi Saputra, Lembaga Kebudayaan Betawi, dan Forum JIBANG (Pengkajian dan Pengembangan Perkampungan Budaya Betawi). Dan dihadiri juga oleh Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Bpk Asiantoro.

Dimeriahkan juga penampilan dari Rebana Biang dan Tari Blenggo dan Gambus yang dibawakan oleh para Seniman Betawi, penyerahan santunan anak yatim dan buka puasa bersama.

“Melalui website ini dan dengan dukungan dari berbagai pihak masyarakat dan pemerintah, mudah-mudahan akan lebih banyak lagi wisatawan dalam dan luar negeri yang berkunjung ke Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, dan agar budaya Betawi bisa tetap lestari dan terus berkembang ke depannya,” pungkasnya. (Len)