oleh

Pemkot Bekasi Targetkan Perluasan TPA Sumur Batu Tahun Depan Rampung

KOTA BEKASI, Beritapublik.co.id – Pemerintah Kota Bekasi targetkan Perluasan Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Sumur Batu di Kecamatan Bantar Gebang pada tahun depan.

Kepala Seksi Perencanaan dan Pengadaan Lahan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Bekasi, Usman Sufirman mengatakan, perluasan lahan TPA Sumur Batu dicabangkan seluas 50 hektar.

Pada tahun 2017 pihaknya sudah lakukan perluasan sebesar 3,5 hektar dan perluasan lahan terus dilanjut.

Sedangkan pada tahun kemarin Disperkimtan telah melakukan perencanaan lanjutan pembebasan 3,8 hektar dengan estimasi anggaran sebesar Rp 42,5 miliar. Namun dari jumlah tersebut sedikitnya baru dibebaskan sekitar 1,2 hektar.

“Untuk sisa lahan dari perencanaan lanjutan perluasan TPA Sumur Batu akan diupayakan rampung 2020 mendatang,” ujar dia.

Di sisi itu, Kepala UPTD TPA Sumur Batu, Ulfah Musarofah mengungkapkan, saat ini total luas keseluruhan lahan TPA Sumur Batu mencapai 21 hektar dari yang sebelumnya 19 hektar.

Menurutnya, setiap tahunnya kebutuhan lahan di TPA Sumur Batu terus meningkat, mengingat kiriman sampah yang setiap harinya mencapai 700 ton.

adapun terkait zona untuk pemrosesan sampah pada zona lima dan enam.

Sedangkan zona satu hingga empat telah ditutup total karena tingginya gunungan sampah sudah melebihi batas maksimal 20 meter.

“Rencana penambahan lahan tetap ada, tapi kita memanfaatkan lahan yang ada dulu dengan melakukan penataaan zona,” tandasnya. (Adv)

BACA JUGA :  Wenny Haryanto: Meningkatkan Kesejahteraan, PPKL Akan dijadikan Pilot Project Nasional