oleh

Gaya Patriot Bekasi Gelar “Gerakan Kampanye” Kebutaan HKSR

KOTA BEKASI, Beritapublik.co.id – Gaya Patriot Bekasi menggelar “Gerakan Kampanye” mengusung tema merdeka dari kebutaan terkait HKSR Remaja Hak Kesehatan & Reproduksi guna memperingati International Youth Day dan Malam Renungan AIDS Nusantara (MRAN) 2019 di Lapangan Gor Bekasi.

Dr. Hemalia, Kepala Puskesmas Perumnas II, mengatakan, kegiatan mobile VCT ini untuk pendeteksian dini HIV/AIDS, dan dilakukan saat CFD. “Diharapkan agar masyarakat khususnya remaja lebih banyak dapat mengikuti kegiatan ini,” ungkapnya saat ditemui disela-sela kesibukannya, Minggu (8/9).

 

Diharapkan, remaja Kota Bekasi memiliki pengetahuan, keterampilan serta nilai untuk membuat keputusan terkait dengan kehidupan sosial dan seksualnya untuk mencegah perilaku beresiko.

 

Menurut Dr Hemalia, untuk pengunjung yang melakukan pemeriksaan kerahasiaannya bisa terjamin. “Langkah yang harus diambil peserta untuk kegiatan ini adalah registrasi, kemudian konseling, untuk mengetahui peserta masuk dalam kelompok beresiko atau tidak. Hasil akan langsung disampaikan setelah 15 menit. Apabila ada yang positif, petugas akan menghubungi peserta tersebut. Untuk tindak lanjut dan kerahasiaan terjamin,” terangnya.

 

Edukasi kepada Masyarakat untuk Melaksanakan Pemeriksaan HIV
Edukasi kepada Masyarakat untuk Melaksanakan Pemeriksaan HIV

 

Target peserta yang ikut kegiatan ini sebanyak 141 peserta. Namun hingga berita ini diturunkan animo masyarakat cukup banyak bahkan hampir mencapai target yang diinginkan.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini penemuan kasus HIV bisa diteksi dini, memutus mata rantai penularan, jadi apabila terdapat seseorang terkena positif dapat langsung di edukasi sehingga tidak bisa menularkan orang lain,” pintanya. (Nia/Len)

BACA JUGA :  Jalan Raya Tenggilis Rusak Parah, Warga Patungan Untuk Ngecor