oleh

150 Dokter Ikuti Penanganan Trauma Abdomen pada Anak dan Dewasa

CIKARANG, Beritapublik.co.id – Sejumlah 150 dokter yang bertugas di Cikarang, Kabupaten Bekasi, mengikuti seminar penanganan trauma abdomen pada anak-anak dan orang dewasa. Seminar tersebut menghadirkan dokter spesialis anak dan dewasa dari Siloam Hospitals Lippo Cikarang, Bekasi, antara lain dr Amelia Putri SpRad, dr Ryanto Sitepu SpB-KBD, dan dr Yohanes AE Nuryanto SpBA.

 

“Trauma abdomen pada anak dan dewasa merupakan kejadian yang tidak diharapkan, dan kapanpun bisa terjadi. Kita ingin mengedukasi kepada para dokter (peserta seminar) untuk menangani dengan cepat, kalau tidak mampu segera dirujuk,” ungkap Direktur Hospitals Lippo Cikarang, dr Ratnaningsih Permana, di sela-sela kesibukannya dalam seminar di Ballroom Hotel Primebiz, Cikarang, Sabtu (16/11).

Ia menjelaskan, trauma abdomen pada anak dan dewasa harus secepatnya ditangani sehingga dokter pertama yang menangani perlu pengetahuan yang baik untuk mendiagnosis pasien. Dokter yang pertama menanganani ini biasa berada di Klinik, puskesmas, atau unit gawat darurat (UGD) rumah sakit.

Seminar tersebut dilakukan setiap tahun dalam rangka menyambut HUT RS Siloam Lippo Cikarang. “Tahun ini Siloam Hospitals Lippo Cikarang HUT ke-17,” jelasnya.

 

Untuk peserta seminar yang diundang, lanjutnya, sebagai dokter umum yang ada di Kabupaten Bekasi. “Ada yang hadir dokter spesialis karena memang topiknya menarik,” jelasnya.

Mengusung tema terkait trauma abdomen pada anak-anak dan orang dewasa. Tema tersebut dianggap sangat penting mengingat di dalam rongga perut terdapat organ tubuh yang sangat vital seperti usus, lambung, hati, limpa dan sebagainya.

“Jangan sampai, trauma abdomen ini merusak organ tubuh lainnya, jika tidak ditangani dengan cepat bisa menimbulkan kematian,” keluhnya.

Penyebab trauma abdomen yaitu, bisa trauma dari benda tumpul seperti jatuh, tertabrak di bagian perut pasalnya benda tajam seperti tusukan‎.

BACA JUGA :  Euforia Anniversary Grand Galaxy Park

Siloam Hospitals Lippo Cikarang tengah dilengkapi pelayanan medis dengan berbagai peralatan berteknologi modern serta tim medis guna menunjang diagnosis maupun penanganan trauma abdomen.

“Siloam Hospitals Lippo Cikarang saat ini sudah memiliki tim medis dan dilengkapi berbagai peralatan medis melalui teknologi modern seperti CT Scan, MRI yang mampu mendeteksi kelainan pada pasien trauma abdomen sehingga dapat ditangani dengan tepat dan cepat,” tandasnya.(Nia/Len)