oleh

Siaga Banjir, PLN UP3 Cikarang Siagakan Ratusan Personil

CIKARANG, Beritapublik.co.id – Belakangan ini hujan dengan intensitas ringan hingga sedang bahkan lebat mengguyur hampir di semua wilayah di Indonesia. Termasuk di Kabupaten Bekasi.

Ancaman banjir jadi momok tentunya bagi masyarakat. Pun soal kelistrikan yang merupakan leading sektor Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang harus tetap dijaga.

Untuk mengantisipasi adanya banjir yang menyebabkan terganggunya kelistrikan seperti korsleting, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cikarang telah menyiagakan ratusan personel gabungan dari seluruh Unit Layanan Pelanggan (ULP) dan mitra PLN UP3 Cikarang yang akan disebar ke titik titik rawan banjir.

Manager PLN UP3 Cikarang, Ansats Pram Andreas Simamora mengatakan, lokasi rawan banjir di wilayah kerjanya tersebar 15 titik. Diantaranya kata dia yakni, Cikarang Baru, Desa Bojong Waringin, Desa Labansari Waringin, Ciherang Pebayuran, Telaga Harmoni Pasir Randu, Bekasi Regency, Desa Tridayasakti, Desa Mekarsari Tambun, Desa Mangunjaya, Desa Setiamekar, Villa Mutiara Cibitung, kampung Selang, Telaga Asih, Desa wanasari dan Villa Mutiara Jaya.

Jumlah Pegawai yang diterjunkan dalam siaga banjir sebanyak 21 orang dari (MUP3, MBJAR, SPV HAR, SPV OP & Staf, MULP dan SPV TEK). Yantek (Layanan teknik) 42 orang, Jaskon SKTM : 4 orang, Jaskon SUTM : 4 orang, Jointer : 5 Regu serta Kubikel : 1 Tim beranggotakan 4 Orang.

“Kita sudah siagakan petugas dari berbagai bidang. Saya sendiri akan memantau langsung bersama Manager bagian jaringan (MBJAR), supervisor pemeliharaan (SPV HAR), supervisor operasi (SPV OP), manajer unit layanan dan supervisor teknik (MULP dan SPV TEK),” kata Ansats, Kamis (13/01/).

Pihaknya juga sudah menyediakan peralatan seperti empat Unit gardu bergerak (UGB), satu Unit cubicle kabel bergerak (UCBK), satu Unit kabel bergerak (UKB), dan Uninterruptible power supply (UPS) dengan kapasitas 80 kVA. Selain itu terdapat enam genset kapasitas 22,5 kVA sebanyak dua unit, 100 kVA dua unit, 13,2 kVA satu unit dan dua unit 5 kVA.

BACA JUGA :  Tasyakuran dan Hari Jadi Kota Bekasi, Ini Kata Plt Walkot Bekasi

“Peralatan lainnya yang kami sediakan alat pemotong kayu yakni Senso dan mesin pompa air. Personil juga kita dukung dengan kendaraan operasional 19 unit mobil pick up dan 4 sepeda motor,” ujarnya.

Selain itu, seluruh Unit Layanan Pelanggan (ULP) yang ada di bawah UP3 Cikarang telah disiagakan perlengkapan K3 siaga banjir.

“Seluruh ULP dibawah UP3 Cikarang juga telah melaporkan ketersediaan perlengkapan untuk para petugas yang diterjunkan siaga banjir diantaranya pelampung, jas hujan, sepatu bot dan senter kepala,” terang Ansats. “Khusus di ULP Lemah Abang menyiagakan satu perahu karet,” imbuh dia.

Dalam kesempatan ini Ansats juga mengimbau masyarakat untuk waspada dalam menghadapi musim penghujan.
Kondisi cuaca belakangan ini sangat rentan menyebabkan adanya gangguan listrik.

Ia berharap masyarakat juga ikut bekerja sama dengan pihaknya untuk melaporkan apabila terjadi gangguan listrik ataupun yang berpotensi menimbulkan gangguan dengan menghubungi Contact Center PLN 123 atau PLN Mobile (Ndi/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed