oleh

Coklit Serentak, KPU RI Sambangi Kediaman Petahana Rahmat Effendi

KOTA BEKASI – Komisi Pemilihan Umum RI menyambangi kediaman sejumlah bakal calon kepala daerah di wilayah Jawa Barat dalam rangka Gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) serentak diseluruh Indonesia yang menyelenggarakan pilkada serentak 2018.

Komisioner KPU RI Ilham Saputra saat dijumpai di kediaman Rahmat Effendi Perumahan Pondok Pekayon Indah Jalan Ketapang Raya Blok DD 37/39 RT01 RW01 Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, mengatakan kegiatan Coklit ini merupakan program nasional yang dilangsungkan 30 hari ke depan.

Rahmat Effendi (Walikota Bekasi) Menyerahkan blanko KTP elektroniknya beserta Kartu Keluarga (KK) kepada petugas Coklit untuk didata dan dicocokan dengan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
Rahmat Effendi (Walikota Bekasi) Menyerahkan blanko KTP elektroniknya beserta Kartu Keluarga (KK) kepada petugas Coklit untuk didata dan dicocokan dengan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Coklit ini berlangsung di seluruh Indonesia pada daerah-daerah penyelenggara Pilkada serentak 2018 untuk menyeragamkan dan memastikan seluruh masyarakat terdaftar dalam Pilkada 2018 maupun Pilpres 2019,” katanya.

“Untuk Kota Bekasi, Coklit ini melibatkan 3.030 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk keperluan Data Pemilih Sementara (DPS), sebelum disahkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT),” tukasnya.

Selain mendatangi rumah bakal calon, kata dia, pihaknya juga melaksanakan Coklit di rumah sejumlah pejabat negara yang berdomisili di Kota Bekasi, di antaranya Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo di Kecamatan Jatiasih, mantan Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono di Kecamatan Mustikajaya dan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudhan Arif fi Kecamatan Bekasi Timur.

Ditemui ditempat bersamaan, Komisioner KPU Kota Bekasi, Syafrudin mengungkapkan untuk Kota Bekasi pelaksanaan Coklit dimulai dari kediaman bakal calon petahana wali kota Bekasi Rahmat Effendi, bakal calon wakil gubernur Jabar Ahmad Syaikhu dan bakal calon wakil wali kota Bekasi Tri Adhiyanto.

“Untuk Kota Bekasi coklit diawali dari kediaman Petahana Rahmat Effendi, bakal calon Gubernur Jawa Barat, Ahmad Saikhu dan bakan calon wakil walikota Tri Adhianto serta bapaslon Nur Supriyanto dan Adhy Firdaus,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Jelang Lebaran Film Hit & Run Akan Tayang di Bioskop Seluruh Indonesia

Sementara Rahmat Effendi menemui langsung rombongan KPU dan petugas PPDP di rumahnya untuk menjalani proses pelaksanaan Coklit yang dipimpin langsung Sekjen KPU RI Arief Rahman.

Bakal calon petahana yang diusung oleh lima partai politik itu langsung menyerahkan blanko KTP elektroniknya beserta Kartu Keluarga (KK) kepada petugas Coklit untuk didata dan dicocokan dengan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Lebih lanjut, sambungnya, proses pendataan berlangsung lancar dan dilanjutkan dengan penempelan stiker Tanda Bukti Pencocokan dan Penelitian yang ditandatangani kepala keluarga Rahmat Effendi dan petugas PPDP Sirojudin Tohari.

Dalam stiker itu terpampang empat nama pemilih di antaranya Rahmat Effendi, Gonyil Gunarti selaku istri, dan dua anaknya yakni Reynaldi Aditama Rizki dan Irene Pusbandari.

Sekedar diketahui, Agenda perdana pelaksanaan Coklit serentak tersebut melibatkan Arief Rahman Hakim selaku Sekjen KPU RI dan Ilham Saputra selaku perwakilan Komisioner KPU RI serta jajaran Komisioner KPU Kota Bekasi. (Adv)

News Feed