oleh

Tingkatkan Pengawasan di Pondok Pesantren, Bawaslu Kota Bekasi Gandeng Para Santri

KOTA BEKASI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bekasi selenggarakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bagi Santri Se-Kota Bekasi di Hotel Merbabu -Merapi Jl. Cut Mutia Sepanjang Jaya, Rawalumbu Kota Bekasi, Senin (18/2).

Mengusung tema “Dari Santri Oleh Santri Untuk Indonesia”

Dari pantauan Beritapublik.co.id dilapangan tampak hadir 100 orang santri dari berbagai pondok pesantren yang ada di Bekasi.

Komisioner Bawaslu Kota Bekasi Muhammad Iqbal Alam Islami mengatakan, dilibatkannya santri dalam program Bawaslu diharapkan dapat menjadi dukungan moral dan pengawasan bagi tahapan kepemiluan sehingga menjadikan proses demokrasi berdampak positif dan berkualitas sesuai harapan masyarakat.

“Ini menjadikan bekal pengetahuan tambahan bagi santri itu sendiri yang juga sebagai pemilih pemula ikut berperan serta menjaga proses demokrasi,” ujar Iqbal disela -sela kegiatan Sosialisasi.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi terhadap santri guna memaksimalkan partisipasi pemilih ditingkatan para santri.

“Dengan menggandeng pondok pesantren sehingga para santri yang ada di Kota Bekasi dapat memahami wilayah mana saja yang diperbolehkan,” terang Iqbal yang juga Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Menurutnya, para santri adalah bagian dari pilar demokrasi, kiprah santripun tidak diragukan.

Selaras dengan itu, salah satu peserta dari Pondok Pesantren Ar-Ridwan Bekasi mengatakan, banyak hal yang didapati dari kegiatan sosialisasi ini.

“Yang paling penting baginya adalah adanya penambahan pengetahuan. Ini juga sekaligus membuka cakrawala berpikir para santri sehingga dapat mencegah jika adanya kampanye di pesantren karena akan menciderai prosesi pemilu nantinya,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua Bawaslu Kota Bekasi beserta para Komisioner, Komisioner Bawaslu Provinsi yang menjadi narasumber serta Panwascam tingkat Kecamatan.

Sementara, para peserta sosialisasi dari berbagai Pondok Pesantren yang tersebar di Bekasi seperti, Pondok Pesantren Annida, Al-Barokah, Ar-Ridwan, Ziyadul Huda, Sirojul Munir, Annur, Attaqwa, An-Anwarul Khoiriyah, Assyafiyah, Muhadiyah Boarding School, Yasfi, Ukhuwah Islamiyah dan Alhasan Jatimakmur. (Ben)

BACA JUGA :  Beginilah Suasana Sidang Paripurna DPRD Kota Bekasi