oleh

Patriot Muda Bekasi Gelar Pelatihan HKSR di Rumah Makan Margajaya

Kota Bekasi, Beritapublik.co.id – Patriot Muda Bekasi menggelar pelatihan HKSR (Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi) serta pembentukan Vokal Poin Remaja Lintas Komunitas Kota Bekasi.

 

“Acara ini tepat merayakan IYD (International Yothday) melalui dukungan dari aliansi satu visi organisasi kepemudaan mengadakan pelatihan HKSR yang melibatkan 10 peserta termasuk di dalamnya media, dan oraganisasi Kepemudaan lainnya seperti organisai anak rantau kikim area (arka), Stikes Bani Sholeh, Organisasi Management Organisasi Relationship Bekasi, KDS Remaja ODHIV Kota Bekasi dan remaja transgender kota bekasi, dengan tujuan pemaham HKSR dan didapatkan secara menyeluruh agar terkait permasalahan serta isu seputar HAM dan HKSR tidak hanya menyasar pada populasi kunci namun menyeluruh agar solusi didapatkan dari semua remaja yang ada di Kota Bekasi,” ungkap Ketua Patriot Muda Bekasi,
R. Muh Hikmatur Ropi disela-sela kesibukannya Rabu, (28/8) di Rumah Makan Margajaya.

 

Acara ini pun memiliki tujuan menjalin ikatan persaudaraan lintas komunitas agar saling brrsinergi tanpa ada nya stigma dan diskriminasi, dan kehadiran media mampu memberikan berita yang baik dan benar secara utuh mengenai isu isu seputar HAM dan HKSR tanpa adanya kesalahpahaman atau mis understanding antara media dengan organinasi dan aktivis pengiat HIV serta mampu mengkampenyekan gerakan nol stigma dan diskriminasi dan merdeka dari ketidak tahuan tentang HKSR.

Tema merdeka dari kebutaan HKSR di pilih karena memperingati hari kemerdekaan indonesia 74. “Yang kita lihat ternyata masih banyak remaja yang belum merdeka secara pengetahuan tentang HKSR remaja,” kata pria yang akrab disapa Why ini.

Bahkan, para remaja masih banyak yang buta terkait HKSR remaja sehingga banyak kasus yang bersinggungan dengan HAM dan HKSR remaja. “Seperti contoh remaja odhiv yang tidak dapat pelayanan di rumah sakit karena status hiv-nya,” tuturnya

BACA JUGA :  Pioneer Kawasan Industri, Terus Berupaya Tingkatkan Ketaatan Terhadap Lingkungan Dengan Adakan Jababeka Ekoweek

Why menambahkan, untuk kasus pemerkosaan, kasus penyiksaan dari relasi kuasa, nikah paksa, aborsi. “Semoga ini langkah awal yang baik untuk meminimalisir fenoma tersebut,” terang Why.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh organisasi remaja patriot muda bekasi, yang didampingi oleh organisasi gaya patriot bekasi dan perkumpulan gaya warna lentera. “Acara ini didanai oleh aliasi satu visi. Untuk memperingati internasional youth day,” pungkasnya. (Nia/Len)