oleh

Kids Grow Alternatif Pilihan Orang Tua dan Tempat Belajar Buah Hati Anda

KOTA BEKASI, Beritapublik.co.id – Bagi anda yang ingin mencari Play Group atau Taman Kanak-kanan (TK) bagi anak anda, tak perlu bingung. Kids Grow bisa menjadi alternatif pilihan anda dan tempat bermain sekaligus belajar bagi anak-anak anda.

Didirikan oleh Pendiri sekaligus Kepala Sekolah Kids Grow, Puji Astuti yang berpengalaman menjadi guru TK selama 27 tahun, Kids Grow yang terletak di bilahan Bekasi Utara, tepatnya di Jalan Anggrek Merah Raya, RT 06, RW 025, Kelurahan Kaliabang Tengah, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, menawarkan sesuatu yang berbeda.

 

“Saya sudah 10 tahun mengajar di Jakarta Barat, kemudian 10 tahun mengajar di Mutiara 17 Agustus, dan 7 tahun di Kids Grow, jadi selama 27 tahun saya mengemban pengalaman di dunia pendidikan khususnya menjadi guru TK,” ungkap wanita yang akrab disapa Puji ini saat ditemui disela-sela kesibukannya, Senin (7/10).

 

Di sini, anak-anak bukan hanya bermain dan belajar saja. Namun, anak-anak juga diajarkan soal kemandirian.

Rasa kemandirian ditanamkan sejak awal kepada para murid Kids Grow. Mereka dilatih untuk benar-benar mandiri, lepas dari orangtua dan pengasuhnya.

Untuk awal belajar, Kids Grow hanya memberikan waktu selama 3 hari bagi orangtua atau pengasuh untuk mendampingi buah hatinya. Tapi, khusus bagi anak-anak yang memang belum berani dan masih menangis.

“Hari pertama boleh di dalam kelas, hari kedua dan ketiga di luar kelas dan hari selanjutnya benar-benar sekolah kami steril dari orang tua,” kata Puji.

Selain itu, Kids Grow juga bebas dari pedagang. Tidak ada satupun pedagang yang menjajakan makanan di depan sekolah.

“Karena kami selalu menekankan kepada orang tua agar setiap hari membekali putra dan putrinya makanan ringan atau berat yang memenuhi makanan sehat. Kami tidak perbolehkan anak-anak membawa makanan ringan jenis snack yang mengandung MSG atau penguat rasa, permen, es ataupun coklat. Sebulan sekali kami juga melatih anak–anak untuk makan makanan empat sehat lima sempurna yang disediakan dari sekolah,” jelasnya.

BACA JUGA :  Berikan Perlindungan Bagi Pekerja, BPJSTK Adakan Kerjasama dengan IWO

Konsep dan Metode Belajar Kids Grow

Untuk konsep belajar, Kids Grow menekankan kepada para guru untuk memiliki ide dan wawasan untuk memahami siswa.

Guru harus bisa menunjukkan kepada siswa bahwa mereka peduli, sayang dan bersahabat. Sehingga siswa akan merasa nyaman dengan guru.

“Jika seorang siswa sudah memiliki rasa nyaman, merasa dihargai, dan disukai serta merasa disayang oleh guru, maka merekapun pasti akan memberikan usaha dan cintanya kepada seorang guru. Dengan mudahnya anak akan terlepas dari ketergantungan orangtua atau pengasuhnya. Proses belajar mengajarpun akan berlangsung menyenangkan, bukan,” tambahnya.

Kids Grow juga mengadopsi beberapa metode belajar dari Montessori dan Froebel.

 

Suasana Kegiatan Belajar Mengajar di Kids Grow
Suasana Kegiatan Belajar Mengajar di Kids Grow

 

Montessori menekankan pada practical life, yakni gerakan-gerakan dasar yang setiap hari dilakukan. Seperti, memakai sepatu sendiri, meletakan sepatu di tempatnya, merapikan tempat makanan, merapikan mainan setelah digunakan dan sebagaiya.

“Juga melatih setiap panca indera melalui alat-alat yang disediakan seperti membedakan bunyi, membedakan halus dan kasar, menyusun balok, serta membedakan rasa asin dan manis,” tuturnya.

Adapun metode belajar froebel yaitu, sebuah metode pembelajaran di mana anak-anak tidak merasakan sedang belajar akan tetapi pada dasarnya mereka sedang belajar.

“Bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain,” kata Puji.

Selain itu, para murid juga belajar matematika, bahasa (membaca dan menulis), dan bilingual. “Setiap pagi sebelum belajar anak-anak selalu dibiasakan membaca doa dan hafalan surat-surat pendek. Mereka akan dipisah dalam kelas yang berbeda sesuai dengan agama masing-masing. Setiap sabtu anak –anak wajib mengikuti ekstra kulikuler english club dan Iqro (bagi yang beragama muslim),” kata Puji

Jika anda tertarik? Daftarkan anak anda segera ke Kids Grow. Kids Grow berdiri selama 7 tahun. (Nia/Len)

BACA JUGA :  Lemahnya Sistem Pengendalian Internal Pembelajaan, Pemkot Bekasi Alami Persoalan