oleh

2020, Trafik Data XL Axiata di Jabodetabek Naik 21%

JAKARTA, Beritapublik.co.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil melalui masa liburan panjang akhir tahun dengan kinerja jaringan yang baik secara nasional, termasuk di wilayah Jabodetabek. Hampir tidak ada persoalan yang berarti yang menganggu layanan bagi pelanggan selama masa libur sejak (23/12) hingga (2/1).

 

“Di waktu yang sama, trafik data di Jabodetabek saja mengalami peningkatan mencapai sekitar 8% dibandingkan trafik di hari normal. Kenaikan trafik tersebut lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu (YoY) yang mencapai 21%,” ungkap Region Group Head XL Axiata Jabodetabek dan Kalimantan selaku Francky Rinaldo Pakpahan saat dikonfirmasi di sela-sela kesibukannya, Minggu, (5/1).

 

Menurut pria yang akrab disapa Francky, layanan data berbasis games menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya yang mencapai hampir 40%, diikuti oleh web browsing sekitar 15% dan layanan streaming sekitar 10%.

Francky menambahkan, meskipun banyak warga yang saat libur kemarin meninggalkan wilayah Jabodetabek, tapi di sebagian area trafik layanan tetap mengalami kenaikan di bandingkan hari-hari biasa. Misalnya di Kota dan Kabupaten Bogor, trafik ini mengalami kenaikan sebanyak 13% pasalnya beberapa lokasi wisata, seperti Puncak dan Taman Safari.

Tak hanya itu, di Kota dan Kabupaten Bekasi, naik 11%. Di area DKI Jakarta yang cukup lengang selama masa libur panjang, XL Axiata secara khusus tengah menyiapkan jaringan yang memadai untuk area-area tempat keramaian, terutama di beberapa lokasi wisata antara lain, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Bandara Halim Perdanakusuma.

 

Keterangan Foto : Teknisi sedang melakukan perawatan rutin perangkat di BTS XL Axiata di wilayah Puncak, Bogor, Jawa Barat.
Keterangan Foto : Teknisi sedang melakukan perawatan rutin perangkat di BTS XL Axiata di wilayah Puncak, Bogor, Jawa Barat.

 

Francky menegaskan, kenaikan trafik data juga terjadi di wilayah Banten, termasuk Serang serta kawasan wisata Anyer, Cilegon, Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bandara International Soekarno Hatta, yang meningkat sekitar 11%. Trafik data di kawasan Sukabumi juga ikut meningkat, sekitar 13%.

BACA JUGA :  WMI Sesalkan Tindak Kekerasan Aparat Kepada Tim Medis Lembaga Kemanusiaan Dompet Dhuafa

Kemudian, kejadian ini mampu dipahami karena meningkatnya kunjungan masyarakat ke sejumlah destinasi wisata di kawasan itu, seperti Selabintana, Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng hingga Geopark Ciletuh. Selain itu, Sukabumi juga menjadi tujuan pulang kampung warga Jabodetabek.

Menurut Francky, hal yang paling utama yaitu, bisa melewati masa liburan dengan lonjakan trafik serta melalui performa jaringan yang baik dan lancar.

“Tidak ada gangguan yang berarti. Jika jaringan aman, maka dengan sendirinya pelanggan nyaman dan trafik akan naik. Semua ini hasil dari upaya XL Axiata secara terus-menerus meningkatkan kualitas jaringan, baik dengan meningkatkan kapasitas, penerapan teknologi terbaru, hingga perluasan jaringan data 4G ke area-area baru di seluruh Indonesia,” pungkasnya. (Nia/Len)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed