oleh

Trafik data XL Axiata Naik secara Nasional

JAKARTA, Beritapublik.co.id – Secara nasional, sepanjang liburan akhir tahun ini, trafik data meningkat signifikan, mencapai sekitar 14% dibandingkan trafik di hari normal. Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu (YoY) yang mencapai 38%. Layanan data berbasis Games 25% menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti oleh Instant Messaging sebesar 16% dan Web Browsing 12%.

 

“Data dari Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) XL Axiata yang berada di kantor pusat XL Axiata menunjukkan, kenaikan rata-rata trafik data khusus saat Natal sebesar 9% dibandingkan hari biasa, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 21%. Sedangkan saat malam Tahun Baru saja, kenaikan trafik rata-rata sebesar 14% dan dan tertinggi 77%,” ungkap Region Group Head XL Axiata Jabodetabek dan Kalimantan selaku Francky Rinaldo Pakpahan saat dikonfirmasi di sela-sela kesibukannya, Minggu, (5/1).

 

Tiga area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi antara 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 adalah Kab. Malang sebesar 26%, Kab. Cianjur 26%, dan Kab. Banyuwangi 25%. Saat Natal, 24-25 Desember 2018, trafik di wilayah dengan komunitas Nasrani seperti Medan dan sekitarnya mengalami peningkatan trafik sebesar 10%, Manado 18%, dan Kupang 21%.

Sementara itu, trafik data di area Jabodetabek yang ditinggalkan banyak warganya selama periode liburan ini mengalami penurunan sekitar 5% dibanding hari normal. Selama periode libur Natal dan Tahun Baru ini, pelanggan XL Axiata juga aktif menggunakan layanan data selama berlibur di luar negeri, terlihat dari kenaikan trafik roaming sebesar 20% dibandingkan hari biasa.

“Area-area lokasi wisata popular yang mengalami lonjakan trafik antara lain Pantai Carita sebesar 200%, GWK Bali 150%, dan Gili Trawangan Lombok sebesar 80%. Di Labuhan Bajo, trafik layanan data juga mengalami kenaikan sebesar 10%, Ciater Jawa Barat 235%, Pantai Indrayanti Yogyakarta 360 serta Jatim Park 2 Malang sebesar 115%,” kata pria yang akrab disapa Francky ini.

BACA JUGA :  Peduli Sesama, XL Axiata Salurkan Bantuan Korban Banjir di Jabodetabek

Jenis layanan data yang paling banyak digunakan adalah Youtube yang mengalami lonjakan trafik hingga 80% dibandingkan hari biasa. Selanjutnya adalah Whatsapp sebesar 30%, Mobile Legend 26% dan Instagram 10%. Layanan streaming video dan musik menjadi favorit karena tingkat kenyamanan bagi penggunaannya semakin baik.

Hal ini tidak terlepas dari peningkatan kualitas jaringan data yang XL Axiata lakukan di seluruh Indonesia, antara lain melalui proyek fiberisasi yang mampu meningkatkan kapasitas jaringan. Trafik layanan instant messenger yang biasa digunakan untuk mengirimkan ucapan naik hingga 16%.

Ditegaskan Francky, guna memastikan jaringan yang benar-benar aman, XL Axiata sudah meningkatkan kapasitas jaringan pada sekitar 1.500 BTS yang mengcover area atau wilayah-wilayah yang kemungkinan mengalami peningkatan trafik selama libur Natal dan tahun baru.

Site-site tersebut antara lain, berada di jalur utama transportasi darat menuju kota-kota tujuan liburan, juga di sekitar lokasi-lokasi wisata. Ada juga, penempatan sekitar 30 Mobile BTS di berbagai lokasi yang tersebar di Sumatra, Jakarta, pusat Kota Bandung serta di jalur tol trans Jawa.

Persiapan jaringan lainnya berupa pengaturan trafik internet upstream arah ke Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia.

Saat ini XL Axiata melayani sebanyak 55,5 juta pelanggan, dan didukung dengan lebih dari 129.000 BTS termasuk lebih dari 53.000 BTS 3G dan lebih dari 39.000 BTS 4G.00 Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 410 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

 

Keterangan Foto : Teknisi sedang melakukan perawatan rutin perangkat di BTS XL Axiata di wilayah Puncak, Bogor, Jawa Barat.
Keterangan Foto : Teknisi sedang melakukan perawatan rutin perangkat di BTS XL Axiata di wilayah Puncak, Bogor, Jawa Barat.

 

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

BACA JUGA :  IPI Kutuk Aksi Penembakan Terorisme di Selandia Baru

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan digital guna memberikan kemudahan bagi aktifitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia.

XL Axiata beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, saat ini tengah menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia.

Bahkan, Slsejak Desember 2014, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE, yang dilanjutkan dengan pengembangan 4G LTE komersial skala nasional pada bulan Juli 2015.

“XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Idea (India), dan M1 (Singapore),” pungkasnya. (Nia/Len)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed