oleh

Ikatan Pesantren Indonesia Dorong Perda Pondok Pesantren

KALIMANTAN, Beritapublik.co.id – Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DPC Ikatan Pesantren Indonesia Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan, pada Senin, (3/2) berlokasi di Pondok Pesantren Al Baladul Amin Kandangan.

Kegiatan Pelantikan dan Pengukuhan, Bupati Kabupaten HSS yang diwakili Asisten III, Anggota Forkopimda Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Ketua MUI, Kepala Kantor Kemenag, Pimpinan Pondok Pesantren Se – Kabupaten Hulu Sungai Selatan, pimpinan Bank Kalsel Syariah Kandangan, dan Pengurus DPW IPI Propinsi Kalimantan Selatan.

Bupati Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Serlatan H. Achmad Fikry mengharapkan peran pesantren dalam pembangunan daerah. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati dalam kegiatan Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DPC Ikatan Pesantren Indonesia Propinsi Kalimantan Selatan hari Senin (3/2) berlokasi di Pondok Pesantren Al Baladul Amin , Hulu Sungai Selatan.

 

“Saya menyambut baik melalui adanya pengukuhan dan pelantikan pengurus DPC IPI Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada hari ini, Dimana melalui kegiatan ini akan menjadi titik tolak sekaligus dasar bagi para pengurus Ikatan Pesantren Indonesia untuk mulai melaksanakan tugas dan fungsinya, sehingga ke depan peranan pesantren akan semakin dapat dirasakan dalam pembangunan daerah kita,“ ungkap pria yang akrab disapa Fikry ini dalam sambutannya yang dibacakan oleh Assisten II.

 

Lanjut Fikry, keberadaan Ikatan Pesantren Indonesia selaras dengan Visi Pembangunan Kabupaten Hulu Sungai Selatan untuk mewujudkan Kabupaten yang cerdas, inovatif, agamis serta sejahtera dunia dan akhirat , sehingga peranan Pondok Pesantren baik secara langsung maupun tidak langsung, baik melalui para santri maupun para alumninya sehingga dapat ditingkatkan kedepannya.

Sementara itu, Ketua DPW IPI Kalimantan Selatan KH. Mukri Yunus menegaskan, IPI tidak hanya membuat konsep, namun insya Allah tengah bertindak, berkat dukungan dan kerjasama dari semua pihak. IPI dibentuk bukan untuk mengambil alih peran perkumpulan pesantren yang ada, atau instansi yang ada, tetapi IPI insya Allah akan saling melengkapi saling sinergi, pasalnya IPI bukan organisasi Eksklusif, namun Inclusif yang terbuka untuk semua orang islam yang berkomitmen mengembangkan pesantren pada khususnya dan Islam pada umumnya. IPI siap bersinergi dengan siapapun dan instansi manapun, untuk kemaslahatan umat.

BACA JUGA :  Partai Berlambang Banteng Konsisten dan Komit Usung PENTRI

“Apa yang IPI lakukan selaras dengan UU No 18 tahun 2019 tentang UU Pesantren, dimana dalam UU tersebut disebutkan Fungsi pesantren ada tiga yaitu Pendidikan, Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat. Guna mendukung pelaksanaan UU No 18 tahun2019 tersebut, IPI bekerjasama dengan stake holder lainnya, akan melakukan sosialisasi. IPI mendukung segera disyahkannya Perda terkait Pesantren di DPRD provinsi, dan juga di Kabupaten – Kabupaten, sehingga pemerintah memiliki dasar hukum yang jelas, guna membantu perkembangan Pondok Pesantren,” kata Kyai Mukri selaku Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hijrah Jorong seraya menambahkan.

Wakil Ketua I DPW IPI Kalsel Enly Hadiyanor, dalam kesempatan terpisah menjelaskan, Ikatan Pesantren Indonesia merupakan organisasi masa yang strategis, apalagi dengan disyahkannya UU Pesantren No. 18 Tahun 2019 dimana salah satu fungsinya merupakan pemberdayaan masyarakat. “Kita akan dorong temen – temen di legislatif untuk betul – betul memperjuangkan supaya perda pesantren di Kalimantan Selatan segera sah. Kami harapkan dengan disahkan perda pondok pesantren ini tidak ada lagi alasan pemerintah daerah, tidak adanya dasar hukum untuk membantu pondok pesantren,” kata Enly selaku Akademisi di Universitas Lambung Mangkurat.

Dalam kepengurusan DPC IPI Guru Kapuh didapuk sebagai Ketua Dewan Penasehat, mendampingi Pengurus Harian yang dipimpin oleh Guru UM Ubaidillah selaku Ketua DPC IPI HSS, dan Ketua Harian, Diny Mahdany.

Kegiatan Pelantikan dan Pengukuhan ini dihadiri Anggota Forkopimda Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Ketua MUI, Kepala Kantor Kemenag, Pimpinan Pondok Pesantren Se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Pimpinan Bank Kalsel Syariah Kandangan, dan Pengurus DPW IPI Propinsi Kalimantan Selatan.

Prosesi acara Pelantikan dan Pengukuhan sendiri di awali dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan Pembacaan Ayat Suci Al-Quran, dilanjutkan dengan Pelantikan. Acara pelantikan didahului dengan pembacaan SK DPW IPI tentang Pengangkatan Pengurus yang dibacakan oleh Sekretaris DPW IPI, Ust Edy Setyo Utomo, S dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Pengurus yang dipimpin oleh Ketua Harian DPW KH. Abdul Hamid Marzuki, dan Pengukuhan dilakukan oleh Ketua DPW IPI KH. M Mukri Yunus, dengan ditandai penyematan PIN IPI dan penyerahan bendera pataka IPI kepada Ketua DPC terpilih Guru Ubaidillah. (RED)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed