oleh

MUI Kota Bekasi Imbau Warga Shalat di Rumah

KOTA BEKASI, Beritapublik.co.id – Ketua MUI Kota Bekasi, Mir’an Syamsuri mengimbau warga Kota Bekasi menghormati keputusan pemerintah terkait penyetopan sholat Jumat pada 2 minggu kedepan. Ketua MUI beserta Pengurus MUI menilai saat ini situasi Kota Bekasi tengah siaga virus Corona (COVID-19).

“Bagi saudara-saudara, khususnya umat Islam yang berada di Kota Bekasi, pasalnya hingga kini Kota Bekasi dalam kondisi siaga Covid 19, terkait penyebaran virus Corona yang sudah amat dahsyat, karena sesuai fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 bahwa, untuk pelaksanaan ibadah secara berjemaah, apalagi saat ini diharapkan agar melaksanakan di kediaman masing-masing,” ungkap Mir’an Syamsuri saat konferensi pers di Pendopo Wali Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Jumat (20/3).

Mir’an mengimbau kepada masyarakat, untuk bertawakal pada Allah dari segala musibah yang ada, namun ikhtiar merupakan kewajiban kita, Pemerintah Kota Bekasi juga berharap ke kita aman, dan selamat dari keadaan yang sangat mengkhawatirkan seperti saat ini,” jelasnya.

Ia juga meminta seluruh ulama dan tokoh agama lain memberi edukasi ke masyarakat agar mengerti akan situasi yang terjadi saat ini.

“Atas nama MUI kepada seluruh umat Islam yang ada, para tokoh, para ulama, supaya menunda setiap kegiatan-kegiatan yang sifatnya jamaah, baik di masjid, di majelis taklim, dan tempat-tempat lainnya, dalam rangka menjaga masyarakat kita, sehingga kita diselamatkan oleh Allah SWT,” tegasnya.

 

 

Walikota Bekasi Rahmat Effendi Rapat bersama Para Ulama, Jumat (20/3).
Walikota Bekasi Rahmat Effendi Rapat bersama Para Ulama, Jumat (20/3).

 

Sementara itu, Walikota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, sebelumnya, saat rapat bersama para ulama, pagi ini menyepakati kegiatan keagamaan yang sifatnya berkumpul untuk ditunda. Penundaan itu terjadi hingga dua minggu ke depan.

“Kita sudah menyepakati, kegiatan peribadatan yang diselenggarakan secara bersama-sama di rumah ibadah untuk menyepakati agar ditunda sampai kondisi memungkinkan. “Kami akan lakukan selama dua pekan ke depan. Nanti, kita pantau kondisinya dua minggu lagi,” kata pria yang akrab disapa Pepen.

BACA JUGA :  Wali Kota Bekasi Keluarkan Surat Edaran Terkait Isolasi Kemanusiaan Warga Kota Bekasi

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Masjid Indonesia, Propinsi Jawa Barat, KH. Ahmad Sidiq mengimbau, agar umat muslim untuk menyelenggarakan kegiatan ibadah dirumah dan mentaati keputusan bersama pemerintah dan MUI.

“Untuk melaksanakan ibadah di rumah, karena harus menjaga kesehatan. Ini harus di taati,” tandasnya. (Nia/Len)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed