oleh

Bersama Lawan COVID -19

Pada akhir-akhir ini Bumi mengalami permasalahan yang cukup besar khsusnya dibidang kesehatan dengan munculnya Corona Virus Disease (Covid-19) yang telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) sebagai Pandemi Global yang sudah menyebar ke-198 Negera dengan 473.137 Kasus (data 26 Maret kompas) tentu salah satunya adalah terjadi di Indonesia yang tentu kita semua merasakan dampaknya langsung, mulai muncul rasa khawatir, takut, bahkan sampai keresahan yang tinggi. Pada data update COVID-19 di RI pada tanggal 26 Maret 2020 yaitu Positif: 893, Negatif: 2.625, Sembuh:35, Meninggal:78.

Berdasarkan data tersebut, dari hari ke hari terus bertambah dengan jumlah yang sangat signifikat, masyarakat semakin resah dan takut dengan berita yang terus disajikan mengenai informasi tersebut.

Tentu, kita semua pastinya tidak berharap ini ada dan bahkan berkepanjangan semua elemen bersatu untuk melawan COVID-19 mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, hingga ke RT/RW bersama-sama telah berupaya untuk melawan, maka dari pada kita hanya sekedar mengomentari hal-hal yang Negatif lebih baik kita berkontribusi nyata minimal dari diri sendiri terlebih dahulu. Karena, ada yang hal yang lebih penting dari hanya sekedar kita mengalami resah, takut secara berlebihan bahkan mengomentari hal-hal yang tidak memberikan efek nyata, lebih baik mari kita melawan COVID-19 bersama-sama dengan upaya-upaya nyata yaitu dengan cara:

1. Sering-Sering Mencuci Tangan, sekitar 98 persen penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air mengalir efektif membunuh kuman, bakteri, dan virus, termasuk Virus Corona. Pentingnya menjaga kebersihan tangan membuat Anda memiliki risiko rendah terjangkit berbagai penyakit.

2. Hindari Menyentuh Area Wajah, Virus Corona dapat menyerang tubuh melalui area segitiga wajah, seperti mata, mulut, dan hidung. Area segitiga wajah rentan tersentuh oleh tangan, sadar atau tanpa disadari. Sangat penting menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah bersentuhan dengan benda atau bersalaman dengan orang lain.

BACA JUGA :  Hitam - Putih Korona

3. Hindari Berjabat Tangan dan Berpelukan, menghindari kontak kulit seperti berjabat tangan mampu mencegah penyebaran Virus Corona. Untuk saat ini menghindari kontak adalah cara terbaik. Tangan dan wajah bisa menjadi media penyebaran Virus Corona.

4. Jangan Berbagi Barang Pribadi, Virus Corona mampu bertahan di permukaan hingga tiga hari. Penting untuk tidak berbagi peralatan makan, sedotan, handphone, dan sisir. Gunakan peralatan sendiri demi kesehatan dan mencegah terinfeksi Virus Corona.

5. Etika ketika Bersin dan Batuk, satu di antara penyebaran Virus Corona bisa melalui udara. Ketika Anda bersin dan batuk, tutup mulut dan hidung agar orang yang ada di sekitar tidak terpapar percikan kelenjar liur. Lebih baik gunakan tisu ketika menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk. Cuci tangan Anda hingga bersih menggunakan sabun agar tidak ada kuman, bakteri, dan virus yang tertinggal di tangan.

6. Bersihkan Perabotan di Rumah, tak hanya menjaga kebersihan tubuh, kebersihan lingkungan tempat Anda tinggal juga penting. Gunakan disinfektan untuk membersih perabotan yang ada di rumah. Bersihkan permukaan perabotan rumah yang rentan tersentuh, seperti gagang pintu, meja, furnitur, laptop, handphone, apa pun, secara teratur. Anda bisa membuat cairan disinfektan buatan sendiri di rumah menggunakan cairan pemutih dan air.

7. Jaga Jarak Sosial, satu di antara pencegahan penyebaran Virus Corona yang efektif adalah jaga jarak sosial. Pemerintah telah melakukan kampanye jaga jarak fisik atau physical distancing. Dengan menerapkan physical distancing ketika beraktivitas di luar ruangan atau tempat umum, Anda sudah melakukan satu langkah mencegah terinfeksi Virus Corona. Jaga jarak Anda dengan orang lain sekitar satu meter. Jaga jarak fisik tak hanya berlaku di tempat umum, di rumah pun juga bisa Anda terapkan.

BACA JUGA :  Urgensi Penetapan Status Darurat dalam Penanganan Covid-19

8. Hindari Berkumpul dalam Jumlah Banyak, Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia telah membuat peraturan untuk tidak melakukan aktivitas keramaian selama pandemi Virus Corona. Tak hanya tempat umum, seperti tempat makan, gedung olah raga, tetapi tempat ibadah saat ini harus mengalami dampak tersebut. Tindakan tersebut adalah upaya untuk mencegah penyebaran Virus Corona. Virus Corona dapat ditularkan melalui makanan, peralatan, hingga udara. Untuk saat ini, dianjurkan lebih baik melakukan aktivitas di rumah agar pandemi Virus Corona cepat berlalu.

9. Mencuci Bahan Makanan, selain mencuci tangan, mencuci bahan makanan juga penting dilakukan. Rendam bahan makanan, seperti buah-buah dan sayur-sayuran menggunakan larutan hidrogen peroksida atau cuka putih yang aman untuk makanan. Simpan di kulkas atau lemari es agar bahan makanan tetap segar ketika ingin dikonsumsi.

Tentu, itu semua haruslah muncul kesadaran dari diri pribadi terlebih dahulu untuk sama-sama kita menyatukan kekuatan untuk melawan COVID-19 bahwa mereka salah masuk ke Negara kita Indonesia, kita percaya bahwa, Indonesia tidak akan seperti China, Italia dan Negera-negera lain yang cukup tinggi penyeberan virus COVID-19, maka mari kita tetap tenang dan saling mengingatkan satu sama lain untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta semua elemen masyarakat harus sama-sama berpartisipasi minimal menjalankan imbauan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat bahkan sampai Pemerintah Daerah dengan tidak meremehkan imbauan tersebut.

Mari #Dirumah Aja dan Mari kita bersama-sama lawan COVID-19!!

Oleh : Abdul Latip, Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed