oleh

Hadiri Pelantikan DPC IPI, Pemkab HSU Menjadi Mitra Stategis Ponpes

KALIMANTAN, Beritapublik.co.id – Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Pesantren Indonesia (DPW IPI) Kalsel melantik DPC IPI Kabupaten Hulu Sungai Utara bertempat di Aula KH Idham Chalid Amuntai.

Pelantikan dihadiri Bupati H Abdul Wahid HK, Ketua DPRD, Sekda, Kepala Kemenag, Kepala MUI HSU dan Forkopimda.

“Pemerintah daerah menyambut baik dengan terbentuknya kepengurusan DPC IPI Kabupaten Hulu Sungai Utara, dengan harapan IPI bisa menjadi mitra strategis pemerintah dalam memajukan perkembangan pondok pesantren pada khususnya dan Hulu Sungai Utara pada umumnya,” kata Bupati H Abdul Wahid HK, Senin (27/7).

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara berkomitmen akan membantu pondok pesantren di Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan memberikan anggaran khusus untuk pondok pesantren.

“Anggaran ini bisa untuk memberikan intensif kepada tenaga pengajar, operasional pondok pesantren dan pengembangan kewirausahaan di lingkungan pondok pesantren atau santripreneur,” tukasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Hulu Sungai Utara Teddy Suryana mengatakan berjanji akan mengawal proses penganggaran di dewan.

“Apalagi dengan sudah di syahkannya UU No 18 tahun. 2019. Undang – undang ini bisa menjadi dasar hukum bagi pemerintah daerah untuk memberikan alokasi anggaran ke pondok pesantren,” ujar Teddy yang juga sebagai pengurus DPW IPI Propinsi Kalimantan Selatan.

Ketua DPW IPI Kalsel KH M Mukeri Yanus Katakan, Pelantikan pengurus DPC ini merupakan program pengurus DPW untuk memperkuat organisasi hingga ke kabupaten kota, sehingga program kerja yang direncanakan pengurus di DPP dan DPW bisa dilaksanakan dan dimanfaatkan oleh anggota di daerah, karena DPC yang bersentuhan langsung dengan pondok pesantren.

“Tahun ini akan memberikan beasiswa kepada 500 orang yang lolos seleksi untuk kuliah di Universitas NU Kalsel, Alhamdulillah IPI sudah MoU dengan Universitas Nahdlatul Ulama,” terang KH M Mukri Yunus.

BACA JUGA :  KH. Fatur Rahim Resmi Jadi Ketua DPW IPI Bali

Guna membantu daerah, lanjutnya, IPI sudah melakukan Perjanjian Kerjasama dengan Bank Kalimnatan Selatan Syariah, dalam program Umroh Akbar. Bank Kalael Syariah memberikan kemudahan kepada calon jamaah untuk membayar biaya umroh, bisa cash, menabung maupun dana talangan. Untuk ASN DP nol alias tidak pakai DP. Asal niat insya Allah bisa langsung umroh.

“Karena IPI akan charter pesawat, maka dapat potongan harga. Potongan harga inilah yang akan kita kembalikan ke jamaah, sehingga harga lebih murah. Dan sebagian kita alokasikan untuk pengembnagan ekonomi pesantren, semoga pandemi covid cepat selesai sehingga kehidupan normal kembali,” ungkapnya. (Ndi/Hum)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed