oleh

Dinsos Kota Bekasi Fungsikan Rumah Singgah Bagi PMKS

KOTA BEKASI, Beritapublik.co.id – Sebuah gedung yang masih dalam area pemakaman dipersiapkan menjadi lokasi karantina warga Kota Bekasi khususnya bagi Penyandang Kesejahteraan Sosial Masyarakat (PMKS).

Gedung milik Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bekasi itu direncanakan bakal difungsikan sebagai lokasi penampungan atau rumah singgah bagi Penyandang Kesejahteraan Sosial Masyarakat (PMKS).

Akan tetapi sebelum itu, akan dijadikan lokasi rumah singgah untuk karantina warga yang tak mentaati aturan untuk tetap di rumah.

Slamet selaku Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial mengatakan bahwa hingga saat ini, Kamis (30/7), sebanyak 10 orang PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) atau orang terlantar yang berada di shelter rumah singgah terpadu Dinas Sosial Kota Bekasi.

 

“Ya, untuk saat ini, ada 10 orang PPKS/orang terlantar yang ada di Rumah Singgah tersebut,” tuturnya.

 

Rumah singgah yang berdiri dengan dua gedung yaitu Gedung A berdiri dengan ketinggian dua lantai dan Gedung B hanya satu lantai itu berhadapan langsung dengan UPTD Pemakaman Mustikajaya yang berlokasi di Jalan Bengkong Raya, Kelurahan Padurenan, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi.

Slamet memaparkan, PPKS atau orang terlantar yang ada di Rumah Singgah itu merupakan klien yang didapat dari hasil penjangkauan Satpol PP ataupun laporan masyarakat terkait orang terlantar yang ditemukan dan dilaporkan kepada Dinas Sosial Kota Bekasi.

Ia menambahkan, Rumah singgah bagi PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) tersebut akan difasilitasi tiga shelter khusus yang meliputi penyandang disabilitas, anak terlantar, gelandangan, pengemis dan masalah sosial lainnya.

“Ini merupakan penampungan sementara bagi PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial). Kita asesmen untuk mengetahui asal dan permasalahan yang dihadapi PMKS tersebut, untuk kemudian dikembalikan keluarga atau daerah asal,” tuturnya.

BACA JUGA :  Akibat Cekcok Mulut Via Medsos, Nyawa Melayang

Namun, saat ini pihaknya belum mengetahui keluarga atau daerah asal PMKS tesebut.

“Masih dalam proses asesmen pendekatan dan pencarian informasi, ya,” imbuhnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga berharap melalui adanya shelter rumah singgah bisa menjadi solusi bagi permasalahan PMKS di Kota Bekasi.

“Semoga, menjadi solusi bagi permasalahan PMKS di Kota Bekasi, ya,” pungkasnya. (Nil/Len)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed