oleh

Komunikasi Kunci Pelayanan Publik bagi Perusahaan

JAKARTA, Beritapublik.co.id – Komunikasi menjadi Kunci dalam penyelenggaraan pelayanan publik bagi sebuah institusi maupun perusahaan. Guna membangun dan meningkatkan kepercayaan publik, amat dibutuhkan strategi komunikasi yang efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi atas berbagai program dan kebijakan institusi yang memiliki dampak terhadap masyarakat.

Dalam beberapa kasus, kekacauan publik terjadi akibat komunikasi yang keliru atau kurang dihadapkan pada arah yang taktis atas informasi yang dikeluarkan oleh institusi saat terjadinya situasi krisis. Fenomena panic buying hingga sentimen negatif masyarakat terhadap beragam informasi pada awal-awal munculnya pagebluk korona di Indonesia menjadi gambaran tentang pentingnya sebuah manajemen komunikasi public relations (PR).

Mengenai esensi peran PR pada suatu lembaga dinyatakan oleh Francis John Marra, banyak taktik public relations konvensional yang diterima tidak berkontribusi untuk mengelola krisis dengan baik. Pola pikir krisis publik saat ini harus digantikan salah satunya adalah memungkinkan manager berlatih public relations.

Manajemen institusi mengharuskan seorang pemimpin menentukan ke arah mana institusi akan berjalan. Namun, tanggung jawab soal strategi komunikasi dan informasi agar lembaga tetap mendapat kepercayaan dan sentimen positif dari masyarakat ada di tangan seorang Public Relations.

Berbekal gagasan di atas, Teropong Public Relations (TPR) Award 2020 yang digelar oleh media Teropong Senayan bermaksud memberikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap peran dan fungsi Public Relations dalam menunjang kinerja sebuah institusi maupun perusahaan.Teropong Senayan ingin memberikan penghargaan kepada institusi dan perusahaan yang terbukti mampu mengelola peran Public Relations dengan baik hingga tercipta pemberitaan dan citra yang positif di masyarakat.

Pemimpin Redaksi Teropong Senayan, Rihad Wiranto, mengatakan penghargaan ini berlandaskan pada proses riset dengan metode media content analysis. Metode ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana isi dan pesan sebuah konten dari berbagai pemberitaan mengenai instansi yang bersangkutan.

BACA JUGA :  Optimalkan Pelaksanaan Tugas Perangkat Daerah, 9 Pejabat Eselon III dilantik

“Umumnya sebuah pemberitaan, baik itu internal maupun eksternal, terhadap sebuah institusi dapat diketahui maknanya, apakah pemberitaan itu mengesankan pesan positif atau negatif, dan yang pasti akan berdampak pada khalayak. Di ranah eksternal institusi, akan kita dapati bagaimana sentimen masyarakat. Institusi yang mendapat sentimen positif menandakan kinerja public relations terjalankan dengan baik,” kata pria yang akrab disapa Rihad ini.

Ia melanjutkan, kajian riset juga didasarkan pada desk riset, media insight, dan review dari juri TPR Award 2020 yang terdiri dari: Komisi I DPR RI, Meutya Viada Hafid, Wakil Ketua Bidang Pengembangan BPC Badan Pengurus Pusat (BPP) PERHUMAS, Rizka Septiana, dan Ketua Umum Asosiasi Public Relations Indonesia, Jojo S. Nugroho.

Menurut Rihad, proses awal mengandalkan strategi media monitoring dengan mengamati pemberitaan secara online terhitung sejak awal tahun mengenai institusi, perusahaan, hingga yayasan yang berada di lingkup pemerintah maupun swasta. Tahap awal lalu dilanjutkan pada proses cleansing and selection oleh tim juri untuk memastikan peserta yang memenuhi kualifikasi.

Proses berlanjut dengan menetapkan institusi dan perusahaan yang dinilai mempunyai planning, strategy, and solutions terhadap manajemen komunikasi publik oleh Public Relations. Mereka yang terpilih, kata Richard, berhak mendapatkan apresiasi pada ajang Teropong Public Relations Award 2020.

“Kami ucapkan selamat kepada para pemenang yang meraih penghargaan TPR Award 2020. Apresiasi tinggi yang kami berikan ini semoga menjadikan penyemangat keberlanjutan kerja-kerja kehumasan yang lebih baik lagi. Di luar itu, kami juga mendorong PR lembaga lain untuk menunjukkan fungsi messenger-nya agar dapat membawa pengaruh baik bagi publik,” tuturnya.

Istimewa
Istimewa

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo) RI, Widodo Muktiyo, mengatakan PR adalah jantung organisasi yang berperan menstimulasi publik dengan informasi.

BACA JUGA :  Sekjend PGK Apresiasi Kesigapan Kapolda Metro Jaya Mengungkap Kasus Pencurian Dana Kurban

Oleh karenanya, setiap PR organisasi memiliki caranya sendiri dalam mengelola komunikasi dan menjaga hubungan baik dengan publik, terutama dalam hal menciptakan brand perusahaan. “Komunikasi publik adalah basis kesepemahaman untuk menghasilkan cita-cita organisasi,” ujarnya.

“Saya senang sekali kita memberikan apresiasi terkait PR dalam acara TPR Award 2020. Kami dari Kemenkominfo sangat senang karena kami juga memberikan upaya infrastruktur komuniasi bagi negeri,” imbuh Widodo.

Sementara itu, Rizka Septiana Wakil Ketua Bidang Pengembangan BPC Badan Pengurus Pusat Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (BPP Perhumas), mengatakan di era digital dan pandemi seperti sekarang, penting bagi praktisi Public Relations membangun engagement yang kuat dengan media. Hal ini mengingat pemberitaan yang ditayangkan media mampu mempengaruhi opini publik.

“Dalam konteks perusahaan, pemberitaan media dapat mempengaruhi opini publik terkait image merek maupun reputasi perusahaan. Sementara itu, dalam konteks pemerintah, pemberitaan media turut mempengaruhi opini publik terkait kebijakan yang dicanangkan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan PR Indonesia (APPRI), Jojo S Nugroho,  mengatakan sejak merebaknya pandemi COVID-19, profesi PR mendapatkan sejumlah tantangan. Di antaranya adalah dalam hal koordinasi komunikasi dengan publik. Protokol kesehatan, kata Jojo, membuat komunikasi, semisal, konferensi pers, harus dilakukan secara virtual.

Kendala lain, kata Jojo, pandemi telah mengakibatkan finansial organisasi perusahaan maupun institusi menurun. Dalam keadaan yang sulit seperti itu, perusahaan terpaksa melakukan transformasi bisnis dari cara-cara konvensional menjadi digital, sehingga dana operasional kehumasan kerap terkena imbasnya.

“Ketika bisnis turun pada sebuah perusahaan, maka budget yang pertama dipotong adalah budget marketing dan PR,” kata Jojo.

Kemudian, Rizka juga mengapresiasi upaya Teropong Senayan yang mendorong kinerja kehumasan organisasi melalui pemberian penghargaan. Upaya ini, kata dia, diharapkan menjadikan Public Relations lebih aktif lagi menjalin komunikasi dengan publik, terutama dengan media massa seiring dinamika yang dihadapi akibat pandemi.

BACA JUGA :  Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja: Peraturan Prematur Disoal

“Saya sangat mengapresiasi acara Teropong Public Relations Award 2020, semoga acara ini memberikan angin segar kepada perusahaan dan para Humas untuk terus melakukan program terbaik,” kata Dosen London School of Public Relations (LSPR) ini.

Berikut daftar peraih penghargaan Teropong Public Relations Award 2020:

A. Kategori Best Active Social Media

1. PT Transportasi Transjakarta
2. PT Prudential Life Assurance
3. PT Pegadaian (Persero)
4. Aksi Cepat Tanggap (ACT)
5. Kepolisian Negara Republik Indonesia
6. PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk
7. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

B. Kategori Best Use of Digital Innovation

1. PT Pegadaian (Persero)
2. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
3. PT Telekomunikasi Seluler
4. PT Bank DKI
5. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
6. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
7. PT BNI Life Insurance
8. PT Transportasi Transjakarta

C. Kategori Best CSR of Communication

1. PT Pertamina (Persero) Tbk
2. Aksi Cepat Tanggap
3. PT Pertamina Lubricants
4. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
5. PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk

D. Kategori Best of Media Relation

1. PT Telekomunikasi Seluler
2. PT Pertamina (Persero) Tbk
3. PT Pertamina Lubricants
4. Kepolisian Republik Indonesia

E. Kategori Best Appearance Online and Print Media

1. PT Pertamina (Persero) Tbk
2. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
3. PT Bank DKI
4. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

F. Kategori Best Community Engagement

1. PT Bank DKI
2. PT Pertamina Lubricants
3. PT Kapal Api Global

G. Kategori Best Government

1. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia
2. Kepolisian Negara Republik Indonesia
3. Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (Nia/Len)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed