oleh

Di Masa Pandemi Guru Harus Berkarya

KOTA BEKASI, Beritapublik.co.id – Perempuan Bangsa Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kota Bekasi menggelar sarasehan pendidikan, Gerakan Bangkit Belajar bertema Guru Tetap Kreatif di Tengah Pandemi Covid 19 bertempat disebuah rumah makan di Perwira, Bekasi Utara pada Ahad (13/12).

Kegiatan ini dihadiri Ketua PCNU Kota Bekasi H. Madinah dan Ketua Persatuan Guru Madrasah Kota Bekasi, Ust. Gambad Syah. Pelaksanaan seminar tersebut memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut, KH. Madinah, peran guru memiliki kekuatan yang besar dalam memberikan ilmunya kepada anak didik. Sehingga di tengah pandemi ini, seorang guru harus melakukan inovasi dalam metode pengajaran.

 

 

“Guru sebagai pendidik harus menjadi contoh terbaik kepada anak didik. Dan adanya covid ini harus dilakukan inovasi agar pendidikan kita tetap jalan tapi mengikuti protokol kesehatan,” jelas KH. Madinah.

 

 

Lanjutnya, tidak ada alasan bagi siapapun termasuk guru untuk tetap berkarya sesuai bidang masing – masing. “Meskipun ada keterbatasan aktivitas di luar rumah, tapi kita bisa memanfaatkan teknologi dengan kemajuannya,” paparnya.

Sementara itu, pemateri Habib Arman Alghadrie memaparkan pentingnya pemanfaatan teknologi di tengah pandemi covid 19. Sehingga guru dituntut untuk melek teknologi agar dapat bersaing dengan perkembangan zaman.

“Guru harus sudah bangkit dan tidak ada alasan tidak paham teknologi. Jangkauan pertemanan dan ilmu sangat luas. Sehingga guru pun harus update khazanah keilmuannya yang dapat dilakukan dari seminar atau pun Webinar online,” ujar Habib Arman kepada Dakta seusai acara.

Ia mengingatkan agar guru memperhatikan metode pembelajaran yang bijak kepada anak didik. Sehingga tidak membuat proses belajar mengajar di kelas terkesan membosankan. “Ubah metode mengajar kita ke anak didik. Misalnya sebelumnya belajar berlangsung siswa dikasih permainan yang ringan sehingga tidak kaku saat KBM berlangsung,” tegasnya.

BACA JUGA :  Meneguhkam Komitmen dibidang Perekonomian Rakyat, Syarikat Islam Launching Pasar UKM

Sementara ditempat yang sama, Ketua DPC PKB Kota Bekasi Ahmad Ushtuchri mengatakan keberadaan partai politik memiliki peran penting, untuk bersama sinergi dalam perkembangan proses pengajaran kepada anak didik.

“PKB sebagai partai millenial ikut terpanggil menggelar seminar pendidikan ini. Agar ke depan guru – guru kita akan jauh profesional dan unggul,” pungkas Ushtuchri yang juga Anggota Komisi 1 DPRD Kota Bekasi. (Nia/Len)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed