oleh

Kanwil DJP Jawa Barat II Helat Spectaxcular

KOTA BEKASI, Beritapublik.co.id – Batas waktu penyampaian penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan PPh Orang Pribadi (OP) Tahun Pajak 2020 adalah akhir bulan ini pada (31/3).

Dalam rangka mengingatkan masyarakat, khususnya Wajib Pajak terkait jatuh tempo penyampaian SPT tersebut, maka Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Barat II melaksanakan Kampanye Simpatik SPT Tahunan “specTAXcular” 2021.

Mengingat masih suasana pandemi maka kampanye simpatik diselenggarakan secara daring/online dengan konsep yang sama dengan penyelenggaraan kampanye simpatik secara offline.

Kegiatan yang dilakukan adalah beberapa lomba antara lain Lomba Foto dengan tema Ekonomi Pulih Kala Pandemi, tidak kalah menarik yang saat ini sedang digemari juga Lomba Joged Tiktok dengan tema Manfaat Pajak. Untuk memberikan wadah penyaluran bakat juga diselenggarakan Lomba Seni Suara Tax Idol yang cukup banyak menarik minat peserta dari masyarakat umum pemerhati perpajakan khususnya generasi milenial yang potensial sebagai calom pembayar pajak di masa depan. Selain itu diselenggarakan juga Virtual Tax Race dengan beberapa kategori seperti 5K Run, 10K Run, Gowes 10K dan Gowes 50K.

Selain bertujuan mengingatkan batas waktu penyampaian SPT, kampanye simpatik kali ini juga ditujukan untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk membayar pajak mengingat pajak sangat dibutuhkan untuk menggerakkan roda perekenomian Indonesia. Salah satu pembiayaan masyarakat yang dananya dibiayai oleh pajak adalah “Vaksin”.

Program vaksinasi nasional yang sedang digalakkan oleh pemerintah ditujukan agar terbangun herd immunity atau kekebalan berkelompok. Dari dua ratus tujuh puluh juta penduduk ditargetkan seratus delapan puluh tujuh juta penduduk akan divaksin atau setara 75% (tujuh puluh lima persen) untuk menciptakan herd immunity tersebut. Mengingat pentingnya program pemerintah tersebut maka kampanye simpatik mengusung tema “Pajak Untuk Vaksin Kita”.

BACA JUGA :  LSM GMBI Desak Kejari Segera Menetapkan Status Tersangka Hotman Pane

Kegiatan Spectaxcular tahun ini rencananya dilaksanakan serentak baik di Kantor Pusat DJP maupun seluruh Kantor Wilayah DJP pada tanggal 22 Maret 2021 melalui daring. Di Kanwil DJP Jawa Barat II sendiri, kegiatan sudah mulai dilakukan sejak tanggal 8 Maret 2021 dengan pendaftaran peserta lomba dan proses seleksi yang hasilnya diumumkan saat acara puncak Spectaxcular hari Senin, 22 Maret 2021.

Pada acara puncak dilakukan juga kegiatan Talkshow dengan mengundang narasumber pakar kesehatan yang sudah tidak asing lagi dr. Lula Kamal, M.Sc. Sesuai keahliannya dokter Lula Kamal menyampaikan serba serbi dari vaksin itu sendiri serta pentingnya dilakukan vaksin di saat pandemi ini. Narasumber kedua adalah Harry Gumelar, yang tidak lain adalah Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Barat II yang menyampaikan pentingnya pajak yang salah satu menfaatnya adalah untuk pembiayaan program vaksinasi nasional.

Sebagai bentuk syiar perpajakan seperti diuraikan tadi, puncak acara Spectaxcular Kanwil DJP Jawa Barat II diikuti oleh berbagai pihak seperti perwakilan Pemerintah Daerah, perwakilan Perguruan Tinggi melalui Tax Center, perwakilan Wajib Pajak di lingkungan Kanwil DJP Jawa Barat II serta seluruh jajaran pegawai baik di Kanwil maupun di KPP di lingkungan Kanwil DJP Jawa Barat II.

Pada akhirnya, dengan momentum specTAXcular yang pada tahun ini berlangsung dalam suasana pandemi Covid-19, diharapkan dapat meningkatkan tingkat kepatuhan para Wajib Pajak dalam melaksanakan kewajiban pembayaran dan pelaporan SPT Tahunan sesuai prinsip self assessment yang berlaku. (Nia/Len)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed