oleh

Minat Baca Rendah TBM Gelar Roadshow di Sekolah

CIAMIS – Berdasarkan survei kelas dunia, hingga kini masih banyak masyarakat di Indonesia yang tidak suka baca buku. Ironisnya, minat baca anak-anak saat ini terpuruk di level bawah.

Menanggapi hal tersebut Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ruang Ilmu memberikan jawaban dengan menggelar Road Show mengusung tema ‘Membaca itu Asyik’ menggandeng 130 siswa-siswi SDN 1 Pamalayan Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis.

Menurut Aceng salah satu pegiat di TBM Ruang Ilmu, kegiatan ini merupakan upaya guna meningkatkan minat baca di Kabupaten Ciamis sejak masa kanak-kanak sebagai bekal pengetahuannya di masa mendatang.

 

“Saya bersama teman-teman yang lain sebenarnya sudah sejak lama ingin bertandang ke SDN 1 Pamalayan, mengenalkan TBM Ruang Ilmu sekaligus merupakan ajakan bagi adik-adik sehingga bisa membaca, pasalnya membaca merupakan kegiatan yang asyik,” kata Aceng.

 

Kunjungan tersebut, lanjut Aceng tidak hanya untuk SDN 1 Pamalayan, namun bagi pegiat TBM Ruang Ilmu kedepannya mampu merencanakan dan menggelar Road Show ‘Membaca itu Asyik’ ke sekolah-sekolah dasar. Di awali dengan sekolah dasar yang ada di lingkungan TBM yang berlokasi di Dusun Timbangwindu RT. 029 RW. 10 Desa Pamalayan Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis.

Sementara itu, Dedi Kusdiana selaku Kepala Sekolah SDN 1 Pamalayan mengaku, sangat mengapresiasi kegiatan ini, sebagai daya tarik anak untuk giat membaca. Apalagi, kegiatan ini dilakukan oleh pemuda.

“Saya sebagai kepala sekolah sangat mengapresiasi kegiatan Road Show ‘Membaca itu Asyik’ apalagi ini diperkenalkan dengan cara yang Asyik, seperti diiringi alunan musik dan semacamnya. Membaca itu merupakan kegiatan penting bagi anak di tengah maraknya Gadget. Daripada anak main Gadget terus kan lebih positif membaca,” tegasnya.

Dedi berharap, kegiatan ini dapat dilaksanakan rutin demi mewujudkan Ciamis membaca. “Jika ingin mengenal dunia maka membacalah, jika ingin dikenal dunia maka menulislah,” pungkasnya. (Derry/Len)

BACA JUGA :  Bebelac Hadirkan BebeLand Imbau Orang Tua Asa Peka dan Asah Daya Pikir Si Kecil