oleh

PLN UP3 Bekasi Responsif, Tanggapi Keluhan Pelanggan

KOTA BEKASI, Beritapublik.co.id – Manajer PLN UP3 Bekasi, Ririn Rachmawardini menanggapi isu lonjakan tagihan listrik yang dialami oleh sebagian warga menyusul diberlakukannya PSBB akibat pandemi virus corona atau covid-19.

“Adanya peningkatan tagihan rekening listrik bulan April disebabkan karena adanya selisih tagihan rekening di bulan sebelumnya,” kata Ririn Rachmawardini, Manajer PLN UP3 Bekasi, melalui siaran tertulisnya, Kamis (7/5).

Hal ini disebabkan, PLN tertib melakukan kebijakan protokol physical distancing, yang menyebabkan petugas catat meter tidak bisa mengunjungi pelanggan untuk melakukan pencatatan meter secara langsung.

“Untuk itu tagihan didasarkan pada perhitungan rata-rata penggunaan listrik 3 bulan terakhir (Desember, Januari, Februari),” terangnya.

Lebih lanjut, pada bulan Maret, masyarakat sudah melakukan PSBB sehingga terjadi kenaikan konsumsi listrik akibat banyaknya aktivitas pelanggan di rumah, hal ini menyebabkan terjadinya selisih antara jumlah penggunaan riil dengan pencatatan (yang didasarkan angka rata-rata selama tiga bulan).

Menurutnya, selisih ini kemudian terakumulasi ke dalam rekening bulan april dan ditagihkan pada rekening bulan Mei.

“Untuk tagihan di bulan Mei dihitung dari tagihan di bulan April yang ter-pending dikarenakan PSBB. Petugas PLN tidak melakukan pengecekan karena PSBB jadi perhitungan di bulan April itu berdasarkan dari rata-rata bulan Desember, Januari dan Februari,” ujarnya.

Lebih lanjut Ririn ungkapkan, bahwa PLN tidak menaikkan tarif listrik.

“Berdasarkan data kami, konsumsi daya di tingkat rumah tangga selama bulan Maret dan April memang cenderung meningkat akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” ungkapnya. (Ndi/Ben).

BACA JUGA :  Bertemu Perwakilan OECD, Menteri Suharso Bahas Strategi Percepat Pemulihan Ekonomi

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed