oleh

OK OCE Andalan Siapkan Ribuan Duta UMKM

JAKARTA, Beritapublik.co.id – OK OCE Andalan menyiapkan ribuan Duta UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) seluruh Indonesia guna menciptakan lapangan kerja, dan membantu meningkatkan mutu serta Potensi Daerah.

“Fokus utama yaitu, pendekatan kita kepada Desa, karena kami mau ada satu Kecamatan satu pusat wirausaha dan nantinya kita akan gabungkan sebagai pusat wirausaha dan pariwisata di Indonesia,” ungkap Reni Fitriani, selaku Pendiri, Ketua Umum, Mentor OK OCE Andalan kepada beritapublik.co.id, Selasa, (27/10).

Dengan menghadirkan Duta UMKM Daerah dan Duta UMKM Desa yang akan diseleksi oleh para duta daerah, sedangkan duta daerah diseleksi oleh pusat 5 (Lima) kali seleksi dan 1 (Satu) bulan bimbingan keilmuan.

Wanita yang akrab disapa Reni ini menjelaskan, syarat menjadi Duta UMKM Daerah yaitu wajib memiliki bisnis minimal 2 tahun berbisnis dan mengenal daerahnya secara comprehensive.

“Kami akan bekali mereka dengan ilmu bisnis intensif selama 1 (satu) bulan secara gratis, dan menjadi Tim Manajemen Daerah untuk menjalankan layanan bisnis di daerah,” ungkap wanita berparas cantik ini.

Saat ini, pihaknya juga tengah bekerjasama dengan Pemerintah, Pesantren, Institusi, komunitas guna mendukung semua tujuan yang menjadi harapannya ini.

“Kami akan ada satu daerah, satu Rumah Kreatif sebagai tempat melayani jasa, pelatihan dan bebutuhan para UMKM,” papar wanita berhijab ini.

Lanjut Reni, pihaknya ingin bekerja dengan real, ada hasilnya, kami juga menghadirkan Mentor dan Coach yang sudah mengikuti sertifikasi untuk membantu para pelaku usaha.

“Hingga akhir desember ini kami fokus untuk pembekalan keilmuan, dan pengenalan program, bahkan layanan kita dijadwalkan pada awal 2021,” tuturnya.

Ditambahkan Reni, OK OCE Andalan dihandle oleh Perusahaan Jasa Konsultan dan Pelatihan Bisnis, dan pihaknya merupakan Direktur PT SuperKey Andalan Indonesia.

BACA JUGA :  PT Jasa Marga Cabang Jakarta - Cikampek Berikan Pengobatan Gratis

“Kami ingin segala aktivitas dan programnya itu terpola dan ada hasilnya,” tegasnya.

Untuk anggota binaan terdiri dari mereka yang ingin belajar bisnis,memulai bisnis,dan mengembangkan bisnis pasalnya, akan ada akses seluruh Indonesia, produk mereka akan dikenal seluruh Indonesia, talent mereka juga akan dibantu untuk dikembangkan secara nasional, bahkan para duta UMKM daerah akan membawa nama baik daerah untuk berkompetisi secara nasional, mereka akan menyajikan program terbaik untuk solve the problems dan mengembangkan potensi daerah, dan para anggota binaan akan menjadi bagian dari Pengusaha Andalan yang agamis, Cerdas dan Solutif.

Sementara, di akhir tahun, pihaknya memiliki penghargaan Duta UMKM terbaik, Leader Terbaik, Daerah Terbaik, UMKM Binaan Terbaik dan Mentor Terbaik seluruh Indonesia, didalamnya ada piala dari para founder yaitu, Bapak Sandiaga Uno dan Bapak Indra Cahya Uno.

“Ini merupakan cara OK OCE Andalan untuk mengapresiasi progres dan kinerja tim daerah, tim mentor dan UMKM binaan yang dengan sabar berproses dan bekerja keras,” paparnya.

Reni berharap, target 5 tahun kedepan bisa memiliki cabang di semua provinsi dan di Luar Negeri untuk membantu akses ekspor rekan-rekan di Indonesia.

Bertepatan dengan Sumpah Pemuda yang kebetulan dirinya dilantik pada momen tersebut, sehingga mampu memiliki semangat yang tinggi.

Sekadar informasi, OK OCE Andalan hadir pada 4 September 2020 lalu bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, sebagai penggerak OK OCE Andalan lama, pihaknya ingin dengan hadirnya OK OCE Andalan yang didirikan ini lebih terarah dan tepat sasaran pasalnya pihaknya selalu fokus kepada kualitas.

Menanggapi hal tersebut, Founder OK OCE Indonesia, Sandiaga Uno menjelaskan, pada rapat virtual internal, OK OCE Andalan kedepan harus dijadikan partner dalam pengembangan bisnis, pasalnya fokus utamanya kepada nilai-nilai sebagai pengusaha andalan.

BACA JUGA :  Ini Dia Nama Struktur Kepengurusan Daerah OK OCE Andalan 2020 - 2021

Terpisah, CO Founder OK OCE Indonesia, Indra Cahya Uno mengungkapkan, OK OCE Andalan ini dikemas secara profesional, apik dan terarah, pihaknya berharap kedepannya bisa terus bergerak dan berkolaborasi dengan para penggerak lain, pemerintah, komunitas bisnis bahkan lembaga lainnya.

Selain itu, Ketua Umum Oke Oce Indonesia, Iim Rusyamsi mengaku, OK OCE Andalan meskipun baru didirikan, tapi kualitas didalamnya sudah teruji, pasalnya digerakkan langsung oleh lembaga konsultan dan pelatihan bisnis, apalagi sosok Reni merupakan penggerak lama yang sudah membantu dari awal OK OCE Andalan ini didirikan, jadi sudah pasti kedepannya lebih baik serta berkualitas.

Total yang terdaftar untuk jadi tim manajemen atau Duta UMKM Daerah terdapat 480 peserta, saat ini yang lolos ada 140 orang dengan 5 rangkaian seleksi antara lain, Administrasi, Interview, Bakat, Ujian Fundamental OK OCE Andalan dan OK OCE Indonesia, Presentasi Action plan, ditambah ada bimbingan 1 (satu) bulan penuh terkait bisnis.

“Harapannya sebagai Duta UMKM yang akan menjadi partner para pelaku usaha di daerahnya, harus matang dalam keilmuan, pola pikir, dan berintegritas,” pintanya. (Nia/Len).

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed