oleh

Tanggul Kali Cakung Jebol : Kpa. Cempala dan IRMAS 012 Evakuasi Warga Kampung Cakung

KOTA BEKASI, Beritapublik.co.id – Komunitas Pecinta Alam Cemara (KPA. CEMPALA) melakukan proses evakuasi kepada masyarakat yang terdampak banjir akibat luapan jebolnya tanggul kali Cakung di Kp. Cakung RT 05 Kel. Jati Mekar Kec. Jati Asih, Kota Bekasi (20/2).

“Kami bersama teman-teman tim tanggap darurat bencana (Kpa. Cempala), sudah melakukan proses evakuasi di beberapa titik, khususnya di wilayah RT 05 Kp. Cakung, kita fokus evakuasi ke lansia dan anak-anak balita menggunakan perahu karet,” ungkap Fikri Riyadi selaku Ketua Tim Tanggap Darurat Kpa. Cempala.

Hujan lebat dengan intensitas tinggi dan sedang yang mengguyur Kota Bekasi dari malam hari hingga berakhir siang hari pukul 11.45 wib membuat kali Cakung meluap, mengakibatkan tanggul kali tersebut jebol sehingga air menggenai rumah-rumah warga di wilayah RT 05 dengan ketinggian air sekitar 80 sampai 120 Cm.

“Sebanyak 250 warga yang terdampak jebolnya tanggul kali Cakung, sebagian sudah di evakuasi oleh teman-teman Cempala dan Irmas (ikatan remaja masjid) 012 bersama warga juga, dan kita dari RW dan RT sini sedang menyiapkan tenda untuk tempat penampungan sementara, sambil menunggu logistik swadaya masyarakat dan dari kecamatan Jati Asih”, kata Husin Marhusin selaku Ketua RT 012 Kp. Cakung.

Sekadar informasi, aliran kali Cakung tidak hanya menggenangi rumah warga di sekitaran RT 05 Kp. Cakung saja, tapi luapan air kali Cakung yang jebol tersebut pun mengarah ke Perumahan Buana, Perumahan Nasio Indah dan Perumahan Graha Indah. Pantauan terakhir Beritapublik.co.id di lapangan pagi hari di tiga lokasi tersebut, ketinggian air mencapai 150 cm hingga 2 meter. (Aha/Len)

BACA JUGA :  Berbuat dan Bermanfaat, KPA CEMPALA Berikan Santunan

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed