oleh

Peringati HUT RI ke-74, RW 25 Kaliabang Tengah Helat Karnaval Pembangunan 

KOTA BEKASI, Beritapublik.co.id – Guna memperingati HUT RI ke-74, RW 25 Kaliabang Tengah, Bekasi Utara, Kota Bekasi mengadakan karnaval pembangunan, Minggu (18/8).

Karnaval ini baru pertama kali dihelat, diikuti oleh seribu warga dari perwakilan 15 RT di RW 25.

Kegiatan ini dibuka Lurah Kaliabang Tengah, Sri Setiangingrum, karnaval juga mengambil rute dengan mengelilingi wilayah RW 25 serta mengawali dan mengakhiri di lapangan RW 25.

Tak hanya itu, gelaran karnaval, masing-masing perwakilan RT dengan mengenakan kostum tematik aneka profesi. Ada yang mengenakan kostum profesi Dokter, TNI, busana adat, dll.

Sementara, juara pertama RT 01, juara kedua RT 06, kemudian untuk juara ketiga RT 011.

Indikator penilaian dilihat dari karnaval antara lain, keserasian antara kostum dengan tema serta inovasi, kreatifitas dan kekompakan. Di mana penilaian dilakukan oleh juri dari perwakilan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM).

Karnaval adalah acara penutup dari rangkaian perayaan HUT RI ke-74 di RW 25 Kelurahan Kaliabang Tengah.

Di akhir karnaval, panitia mengumumkan juara lomba-lomba yang dihelat dalam rangka peringatan HUT RI dari mulai lomba futsal, catur, bulu tangkis dan aneka perlombaan lainnya.

Ketua RW 25 Kelurahan Kaliabang Tengah, Khotib Wijaya mengatakan, karnaval pembangunan merupakan upaya merekatkan hubungan antar warga di RW 25. Pasalnya, tidak mudah menyatukan warga yang begitu banyak jumlahnya.

 

“Akan sangat susah warga yang banyak jumlahnya diajak untuk kumpul. Jadi, kami akan manfaatkan momentum kemerdekaan untuk dapat kumpul bersama-sama,” jelasnya.

 

Khotib mengaku, lewat karnaval ini, RW 25 ingin ke depannya menjadi RW percontohan bagi RW lain baik di Kaliabang Tengah maupun Kota Bekasi.

BACA JUGA :  Menjalin Kekompakkan Forkopinda Kota Bekasi dengan Senam Sparko

“Semangat RW 25 ingin menjadi yang terbaik tidak hanya di Kaliabang Tengah namun di Kota Bekasi,” tuturnya.

Sementara itu, lewat serangkaian acara yang dihelat pada HUT RI ke-74, RW 25 ingin semua warga kompak dan warga tidak merasa hidup sendirian.

“Kami tidak ingin warga seolah-olah hidup sendiri. Kita ingin warga itu kompak dan ada rasa memiliki terhadap lingkungannya,” paparnya.

Khotib mengimbau, agar HUT RI dijadikan momentum warga melakukan refleksi atas jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk menegakan kemerdekaan.

“Pada malam Agustusan semua RT menggelar tasyakuran sebagai wujud syukur kepada Allah dan mengenang jasa para pahlawan,” kenangnya.

Kepada Lurah Kaliabang Tengah, Sri Setianingrum, Khotib mengucapkan terimakasih atas suport dan dukungan pihak kelurahan.

“Kami berterimakasih kepada Ibu Lurah dan Kelurahan Kaliabang Tengah yang senantiasa mendukung kegiatan serta program-program RW 25,” tambahnya.

Tak lupa, ia mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan warga atas keterlibatannya dalam momentum peringatan HUT RI ke-74 di lingkungn RW 25.

“Tanpa kekompakan, gotong royong kami sulit  mensukseskan acara peringatan HUT RI ke-74 di lingkungan RW 25. Semoga ke depanya semangat kebersamaan ini bisa terus kita jaga dan pelihara,”‘ pintanya. (Nia/Len)