oleh

Dihadiri 39 Anggota, DPRD Kota Bekasi Gelar Rapat Paripurna Terima LKPJ Wali Kota Bekasi

KOTA BEKASI, Beritapublik.co.id – Rapat Paripurna DPRD Kota Bekasi dihadiri 39 anggota, dengan menerima Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Bekasi Tahun 2019, usai dibacakan Pansus 6, Selasa, (16/6).

DPRD Kota Bekasi memberikan catatan dan rekomendasi kepada Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi guna memperbaiki kesalahan serta kelalaian dalam menjalankan roda pemerintahan.

Anggota Pansus 6, Rudi Heryansyah menjelaskan, beberapa persoalan mencolok, antara lain, kurangnya koordinasi antara Direksi BUMD dengan Bapenda. Menurut Rudi, lemahnya koordinasi berimplikasi pada catatan PAD yang diperoleh BUMD.

“Catatan Bapenda PDAM Tirta Patriot tidak mencapai target padahal surplus. Ini terjadi karena lemahnya koordinasi PAD antara BUMD dengan Bapenda,” tegas Rudi saat membacakan LKPJ Wali Kota Bekasi.

Selain itu, Rudi mengeluhkan, capaian target selama 2019 tidak maksimal. Hal ini Yenti saja mengindikasikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sehingga tidak memiliki sumberdaya yang mumpuni.

 

“Capaian tidak sesuai target menandakan ketidakmampuan OPD terhadap peningkatan kinerja,” ungkap Rudi seraya menjelaskan jumlah OPD tidak mampu menyerap anggaran. Ada 17 OPD, pendapatan di bawah 80 persen. Apalagi adanya silpa mencapai Rp20 miliar lebih mengindikasikan perencanaan yang tidak akurat sehingga pelaksanaan pembangunan tertunda,” jelas politisi PDIP itu.

 

Mengenai kesehatan, Pansus 6 menyoal biaya rincian pengobatan pasien pengguna BPJS atau Jamkesda (KS/NIK) selama berobat di RSUD maupun RS Swasta kerap tidak diberikan. Hal itu, kata Rudi, menjadi rekomendasi Pansus 6 agar Dinas Kesehatan dan RSUD Kota Bekasi melakukan perbaikan.

“Tidak ada rincian biaya bagi pasien khususnya BPJS atau Jamkesda saat berobat di RSUD maupun RS Swasta, harus diperbaiki. Dinas Kesehatan harus secepatnya pantau dan mendorong RS Swasta agar tidak membedakan pelayanan bagi pasien pengguna program layanan kesehatan pemerintah,” tandasnya. (ADV)

BACA JUGA :  Gubernur Jawa Barat Meresmikan Jembatan Cipamingkis

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed