oleh

Pemkot Bekasi Gandeng Penggiat UMKM Kopi Helat Ngopi Kemerdekaan

KOTA BEKASI, Beritapublik.co.id – Guna memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menggandeng penggiat usaha mikro atau usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM) Kopi di Kota Bekasi menghelat kegiatan dengan mengusung tema “Ngopi Kemerdekaan”.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas (Kadis) Koperasi dan UMKM Kota Bekasi, Abdillah mengatakan bahwa, kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang digelar di Kota Bekasi.

 

“Acara ini merupakan event yang pertama diadakan di Kota Bekasi dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia di suasana pandemi Covid-19. Namun, dengan memperhatikan protokol kesehatan. Artinya dilakukan dengan sangat terbatas, tidak seperti hari biasanya,” ungkap kepada para media di Blue Pea Kota Bekasi, Minggu, (30/8).

 

Didampingi staf dan Ketua Veteran Kota Bekasi, Harson Karminto sebagai pemuka sejarah dirinya menambahkan, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk membangkitkan semangat para UMKM di tengah pandemi Covid19.

“Kami ingin membangkitkan penggiat-penggiat UMKM di Kota Bekasi, khususnya untuk penggiat kopi agar mereka dalam keadaan normal juga saat kita menghadapi cobaan luar biasa seperti ini dapat bangkit dan tidak melupakan sejarah, bahwa disetiap event dalam kegiatan sejarah, kopi merupakan minuman yang tidak dapat ditinggalkan. Bahkan, diketahui bisa meningkatkan imun mengurangi rasa kantuk,” tambahnya.

Di kesempatan yang sama Ketua Veteran Kota Bekasi, Harson Karminto menjelaskan, kopi merupakan minuman utama yang selalu diminum oleh para pejuang kemerdekaan.

“Jadi, sejak zaman perang kakek itu selalu minum kopi, bukan makan dulu tapi malah ngopi dulu supaya tidak ngantuk dan badan terasa segar,” jelasnya.

Pihaknya mengaku, banyaknya perbedaan antara kopi zaman dahulu dan sekarang terdapat berbagai varian kopi.

“Zaman dulu, saya minum kopi ya hanya kopi hitam saja, dan kalau mau kopi manis ya ditambah gula merah,” tuturnya.

“Jadi bukan gula pasir, tapi sekarang kopi itu ada banyak sekali variasinya, mungkin kalau dihitung ada ratusan kopi,” terangnya.

Tak hanya itu, webinar yang mengusung tema ‘Ngopi kemerdekaan’ Gaya Hidup  dan UMKM diikuti oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bekasi Abdillah, Staf Ahli Menteri BUMN Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM, Loto Srinaita Ginting.

Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian RI, Heru Tri Widarto, Ketua Leguin Veteran Kota Bekasi, Harso Karminto, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Ade Puspita Sari, dan Tim Walikota untuk Percepatan Penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan (TWUP4), Benny Tunggul.

untuk pembinaan skill, teknik, pembinaan manajemen, permodalan dan pemasarannya.

Melalui kegiatan ini, Pemerintah Kota Bekasi berharap, mampu memotivasi para penggiat UMKM agar dapat meningkatkan kinerjanya. (Nia/Len)

BACA JUGA :  Wakil Walikota Bekasi, Hadiri Tasyakuran RKB Bekasi

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed