oleh

Pendaftaran Kompetisi Robotik 2020 Resmi Dibuka

KOTA BEKASI, Beritapublik.co.id – Pendaftaran kompetisi robotik 2020 yang menjadi program unggulan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dan akan di selenggarakan di kampus Universitas Islam As Syafi’iyah rencananya besok resmi di buka.

Direktur Komunikasi Universitas Islam As Syafi’iyah, Dedy Miing Gumelar membenarkan bahwa pendaftaran kompetisi robotik itu akan dibuka pada Kamis, 1 Oktober 2020 dan akan ditutup pada Sabtu, 31 Oktober 2020.

“Iya, rencananya besok UIA, Kemenag, dan IRTC akan membuka pendaftaran kompetisi robotik 2020,” ucap pria yang akrab disapa Bang Miing saat dihubungi beritapublik.co.id melalui sambungan telefon, Rabu (30/9).

Bang Miing menuturkan bahwa kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara virtual dan bertahap mulai dari babak penyisihan hingga final. Ada tujuh kategori yang akan diperlombakan diantaranya yaitu Maze Solving, IoT (Internet of Things), Creative, Under Water, Line Follow, ASV, dan Sumo.

“Jadi setelah mendaftar, nanti para peserta akan diminta untuk mengupload materi yang di syaratkan dalam bentuk video ke website panitia dan kemudian akan diseleksi oleh tim juri,” terangnya.

Bagi para pemenang lomba nantinya, kata Miing, akan mendapatkan hadiah seperti piala dan sertifikat dari Kementerian Agama RI.

Selain itu, panitia juga nantinya menyediakan hadiah lain dalam bentuk uang tunai, beasiswa pendidikan dan umroh. Lalu nantinya para pemenang lomba juga akan dibina untuk terus berprestasi di tingkat kejuaraan robotik International.

“Kita ingin membangun kebanggaan bagi siswa-siswi madrasah, bahwa mereka secara kualitas setara dengan pelajar sekolah umum lainnya.

Ini kegiatan luar biasa yang harus kita dukung. Sudah saatnya siswa-siswi madrasah tampil menjadi pemain utama pengembangan teknologi inovasi ke depan. UIA insyaAllah akan mendukung full kegiatan ini,” tegasnya.

BACA JUGA :  Kemenag Kesulitan Patenkan Robotic, Prof Dailami: Kita Siap Hak Patenkan Karya Anak Bangsa Dan Buat Museum Prestasi

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KKSK) Kemenag RI, Ahmad Umar mengajak seluruh siswa/i Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah dari seluruh Indonesia untuk ikut serta dalam kompetisi robotik 2020 ini.

Pasalnya, menurut Ahmad, kegiatan ini sangat penting untuk mengakomodasi animo yang tinggi dari para siswa/i madrasah. Selain karena kegiatan ini bermanfaat bagi para pelajar, kegiatan edukatif ini juga untuk mengisi aktivitas di masa pandemi Covid-19 seperti yang tengah terjadi saat ini.

“Dalam kegiatan tahunan yang ke 6 ini, kami ingin memotivasi siswa madrasah Indonesia untuk mengembangkan teknologi dan inovasi yang akan sangat berguna bagi kemajuan Indonesia. Kita ingin membuktikan bahwa madrasah juga menjadi kawah candradimuka pengembangan SDM dalam bidang teknologi inovasi seperti robotik yang sekarang diperlombakan ini,” pungkasnya. (Nia/Nil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed