oleh

Menteri Suharso Hadiri Peluncuran Digital SDGs Parlemen Indonesia

JAKARTA, Beritapublik.co.id – SDGs merupakan komitmen Indonesia bersama 193 negara lainnya sejak September tahun 2015. SDGs, sebagai upaya menyeimbangkan dan mengharmonisasi dimensi pembangunan sosial, ekonomi, dan lingkungan secara komprehensif dan sinergis. Kemajuan pada satu dimensi pembangunan memerlukan keterlibatan aktif dari dimensi pembangunan lainnya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa mengatakan, pelaksanaan SDGs mengedepankan prinsip-prinsip universal yang berorientasi pada pemenuhan hak asasi manusia, sehingga mampu memberi manfaat kepada semua orang khususnya kelompok rentan melalui penerapan prinsip inklusif.

“SDGs melibatkan semua pihak yang terdiri atas 4 platform kemitraan antara pemerintah dan parlemen, pelaku usaha dan filantropi, akademisi, dan masyarakat sipil,” Kata Syharso saat memberikan sambutan dalam Peluncuran Platform Digital SDGs Parlemen Indonesia, Kamis (19/8).

Menurut Menteri, penerapan prinsip inklusif, partisipasi dan transparan menjadi kunci utama pelaksanaan SDGs, sejak dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, dan pelaporan. Terutama terkait pendanaannya untuk memastikan tidak ada yang tertinggal dalam pembangunan atau No One Left Behind.

“Keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dalam pelaksanaan pencapaian SDGs menunjukkan perkembangan positif. Beberapa kegiatan telah melibatkan Dewan Perwakilan Rakyat dalam World Parliamentarian Forum on Sustainable Development,” tuturnya.

Menteri menegaskan, parlemen memiliki peran sangat strategis dalam mendukung pencapaian SDGs di Indonesia. Peran tersebut diucapkan Menteri antara lain memperkuat kebijakan dan dukungan regulasi yang mendorong upaya pencapaian SDGs, keterlibatan dalam penyusunan maupun pengawasan alokasi anggaran untuk pelaksanaan SDGs, dan melakukan monitoring perkembangan pelaksanaan SDGs di Indonesia.

“Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif DPR RI membangun platform digital SDGs dalam di era digital saat ini. Kami berharap agar platform tersebut dapat memperkuat pesan dan informasi kepada masyarakat tentang upaya dan kemajuan yang dilakukan untuk pencapaian SDGs,” ujar Menteri.

BACA JUGA :  Suharso Monoarfa: Ada Empat Kebijakan Reformasi Penting di Indonesia

Menteri juga berharap, platform ini dapat mendorong kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk menyinergikan berbagai sumber pendanaan sehingga akselerasi pencapaian target-target SDGs di Indonesia dapat diwujudkan bersama. (Ndi/Hms).

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed