oleh

Peringati Eart Hour 2020 Walikota Bekasi Imbau Warga Bekasi Matikan Lampu 1 Jam

KOTA BEKASI, Beritapublik.co.id – Dalam Rangka memperingati Eart Hour 2020 sesuai dengan Surat Edaran No: 671/2229/Dinas LH perihal Peringatan Earth Hour Tahun 2020 Tingkat Kota Bekasi. Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengimbau seluruh warga Bekasi untuk ikut serta dalam gerakan mematikan lampu mereka selama satu jam pada Sabtu, (28/3).

Surat tersebut sebagai pemberitahuan pemadaman listrik yang ditujukan kepada seluruh Perangkat Daerah dan masyarakat Kota Bekasi. Akan ada pula berbagai landmark atau ikon khas Bekasi dan bangunan-bangunan yang ikut berpartisipasi nanti, seperti Masjid Al-Barkah, Mall Blu Plaza, Revo Town Bekasi, Piramida Summarecon Bekasi, dan masih banyak lagi.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menjelaskan, kegiatan mati lampu ini serentak di Indonesia. Tak hanya itu, kampanye global ini dilakukan untuk mengajak individu, komunitas, pemerintah untuk peduli dan berpartisipasi melakukan aksi mematikan lampu dan peralatan elektronik selama 1 (satu) jam mulai pukul 20.30 hingga 21.30 WIB.

Beberapa program utama kegiatan Earth Hour antara lain, SEMALAM (Serentak Matikan Lampu), SIMARGI (Edukasi Hemat Energi), Kampanye #BYB (Beli Yang Baik), dan Aksi Publik.

Kepada Camat dan Lurah se-Kota Bekasi agar membuat imbauan kepada masyarakat untuk melakukan pemadaman listrik selama 1 jam kedepan.

 

“Ayo matikan perangkat elektronik yang tidak terlalu penting digunakan secara serentak pada waktu tersebut guna menurunkan emisi karbon dan bentuk kepedulian kita kepada bumi pertiwi tercinta,” serunya.

 

Beberapa tahun belakangan ini, kesadaran dan kepedulian masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga lingkungan dan alam semakin meningkat. Terbukti dari meningkatnya kampanye peduli lingkungan, komunitas hijau, hingga peraturan pemerintah kota yang melarang penggunaan plastik sekali pakai. Semua hal tersebut dilakukan demi merawat bumi yang telah rusak akibat ulah manusia dan mengatasi perubahan iklim yang kian parah.

BACA JUGA :  Imani Primary Care Helat Workshop Pengembangan Bisnis Klinik dan Rumah Sakit

Earth Hour merupakan salah satu dari sekian komunitas yang mengupayakan gaya hidup yang lebih hijau dan ramah lingkungan, khususnya dalam segi penggunaan energi. Earth Hour sendiri merupakan gerakan yang digagas oleh World Wide Fund for Nature (WWF) yang diikuti oleh orang-orang di seluruh dunia. Gerakan ini mengajak setiap orang, komunitas, serta pelaku-pelaku usaha untuk mematikan lampu selama satu jam di akhir bulan Maret sebagai simbol komitmen untuk bumi. Dengan tagar #RaiseYourVoiceForNature #Connect2Earth, gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap betapa besarnya konsumsi energi kita dan berdampak pada lingkungan.

Sekadar informasi, berbeda dengan tahun sebelumnya, E-talkshow Switch Off Earth Hour mengusung tema “What Can Youth Do For This Greeneration”, akan live di akun Instagram @earthhourbekasi dengan salah satu sociopreneur dan aktivis, Edy Fajar, mulai pukul 20.30 hingga 21.30 WIB selama Earth Hour berlangsung.

Ditengah Pandemi Covid-19, kita semua bisa mendukung aksi #RedupkanBekasi berpastisipasi dengan cara mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak terpakai selama 1 jam, yang tentunya bisa kita lakukan saat #stay at home with family merupakan tindakan preventif sebagai perilaku hemat energi dan ramah lingkungan. Ayo matikan lampu! 1 jam saja untuk menghemat energi dan menjaga lingkungan kita agar generasi penerus juga bisa ikut menikmati indahnya bumi beserta isinya. (Nia/Len)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed