oleh

ACT Gandeng TNI Salurkan 14 Ton Beras untuk Warga Bekasi COVID-19

KOTA BEKASI, Beritapublik.co.id – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bekasi menggandeng TNI menyalurkan beras gratis kepada Kelompok Miskin Kota (KMK) di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi. Selain pembagian beras, kegiatan ini mengusung tema yakni, Operasi Beras Gratis dan membagikan handsanitizer serta masker kepada KMK yang terdampak wabah COVID-19 di lokasi setempat.

Jumlah total beras yang dibagikan sebanyak 14 ton beras dengan rincian antara lain, 2.800 paket isi 5 kilogram, serta 2.000 botol handsanitizer dan 6.000 masker. Wilayah pendistribusian meliputi dua kecamatan di Kota Bekasi yakni Kecamatan Mustika Jaya dan Kecamatan Bantar Gebang. Kemudian, untuk wilayah Kabupaten Bekasi, pembagian dilakukan di Kecamatan Cibarusah.

 

“ACT bersama TNI dalam hal ini Kodim 0507/Bekasi melakukan pembagian beras gratis di Kota Bekasi. Untuk Kabupaten Bekasi kami bekerjasama dengan Koramil 09 Cibarusah, Kabupaten Bekasi. Diharapkan, bantuan beras gratis ini mampu mengurangi beban masyarakat menengah ke bawah di tengah dampak wabah Corona yang terjadi,” ungkap Kepala Cabang ACT Bekasi Ishaq Maulana, Kamis (2/4).

 

Beras yang diambil merupakan beras dari Lumbung Beras Wakaf Blora dan Karawang hasil dari program turunan Operasi Pangan Gratis. Bahkan, untuk penanggulangan wabah Covid-19, ACT tidak hanya melihat dari aspek kesehatan tetapi juga dari aspek sosial ekonomi.

Sementara itu, Camat Mustika Jaya Gutus Hermawan mengatakan, pihaknya mewakili masyarakat Mustika Jaya, Kota Bekasi mengapresiasi dan bersyukur atas aksi yang dilakukan ACT dengan membagikan beras gratis. Pasalnya, dampak COVID-19 tidak hanya terjadi pada aspek kesehatan namun juga ekonomi.

“Alhamdulillah saya mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada ACT dan TNI. Meskipun, bantuan kecil apabila tepat sasaran akan bermanfaat bagi sesama, yang terpenting itu niatnya,” kata Gutus di sela-sela kesibukannya saat melakukan distribusi.

BACA JUGA :  Bekasi Night Festival, Akan Hadir di Summarecon Mall Bekasi

Program Operasi Beras Gratis secara resmi dilepas pada Kamis (2/4), di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Pelepasan tersebut dihadiri oleh jajaran direksi ACT dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Untuk total, bantuan yang dibagikan untuk wilayah Jabodetabek sebanyak 1.000 ton beras. Bantuan ini akan didistribusikan kepada 200.000 KK di Jabodetabek yang ekonominya terkena imbas pandemi Covid-19. Untuk tahap awal, layanan Operasi Beras Gratis bersama Mabes TNI akan menerjunkan 10 truk TNI yang membawa beras dengan total muatan 100 ton beras yang akan dibagikan ke 10 titik termasuk Bekasi.

Terpisah, Ketua Dewan Pembina ACT Ahyudin menambahkan, dalam penanggulangan wabah Covid-19, ACT tidak hanya melihat dari aspek kesehatan namun dari segi aspek sosial ekonomi. Armada akan diturunkan untuk menjangkau ratusan ribu penerima manfaat dalam kurun waktu satu bulan.

Kerjasama tersebut merupakan lanjutan kerjasama dalam merespon kejadian bencana alam. ACT memiliki relawan lebih dari 170.000 relawan dalam mendampingi kerja-kerja kemanusiaan. “Saya yakini, bangsa ini mampu menghadapi berbagai bencana baik bencana alam maupun bencana yang ada saat ini yaitu COVID-19. Karena, bangsa ini memiliki modal besar yakin, solidaritas sosial yang tinggi. Semoga, ini menjadi salah satu obat terkuat yang dimiliki bangsa ini pula. Saya mengajak TNI dan seluruh masyarakat, mari kita gerakan kembali solidaritas sosial nasional. Bencana ini sudah terlihat tidak hanya berdampak di dimensi-dimensi kesehatan tetapi juga dimensi perekonomian terutama kepada masyarakat level akar rumput. Mari kita berfokus tidak hanya dimensi kesehatan namun juga perekonomian. Jika itu bisa kita atasi bersama dengan baik, maka insya Allah tidak akan terjadi bencana sosial di kemudian hari,” kata Ahyudin.

BACA JUGA :  Mengenal Komunitas Expose Cijantung

Pendistribusian bantuan hari ini di 10 titik di Jabodetabek diantaranya meliputi Jakarta Pusat (Petamburan/Tanah Abang), Jakarta Timur (Jati/Pulau Gadung), Jakarta Selatan (Jagakarsa), Jakarta Barat (Duri Kepa/Kebun Jeruk), Jakarta Utara (Pademangan Barat), Depok (Cimanggis), Kabupaten Tangerang (Rancagong Legok), Tangerang Selatan (Peduren/PD. Pucung), Kota Bekasi (Bantar Gebang dan Mustika Jaya) dan Kabupaten Bekasi (Cibarusah). Tentunya dalam pendistribusian tetap memperhatikan faktor keamanan dan protokol yang berlaku dalam penanganan COVID-19.

“Kita percaya bantuan tersebut bisa disalurkan tepat sasaran bagi masyarakat yang membutuhkan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut berpartisipasi. Semoga, sumbangsih bersama bisa meringankan beban masyarakat. Semoga wabah COVID-19 di seluruh dunia bisa secepatnya berakhir,” pungkasnya. (Nia/Len)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed