oleh

Kota Bekasi Adakan Lomba Fashion Show Batik

KOTA BEKASI – Guna meningkatkan ekonomi masyarakat dari bidang pelestarian budaya, Pemkot Bekasi bersama Komunitas Batik Bekasi, menggelar Lomba Kreasi Batik Bekasi dan Fashion Show di Hotel Santika Premier Harapan Indah.

Walikota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, Pemkot Bekasi siap mendukung penuh dan memfasilitasi segala kebutuhan kegiatan yang bertujuan untuk peningkatan dan pelestarian Batik Bekasi.

“Dua-tiga tahun lalu kami punya keinginan agar Kota Bekasi memiliki ciri khas batik sendiri. Karakteristiknya ada pohon bambu, maka pakemnya kita buat awalnya ada 12 pakem dan setelah dikembangkan kini ada 50an corak. Kita memiliki alokasi untuk UMKM dan perorangan hingg Rp 17,5 miliar sebagai bentuk dukungan kegiatan promosinya,” jelas pria yang akrab disapa Pepen ini.

Politisi Golkar ini menambahkan, saat ini pengembangan Batik Bekasi sudah sampai tingkat lanjut, dimana sekolah-sekolah di Kota Bekasi serta para pegawai secara bertahap diwajibkan menggunakan seragm Batik Bekasi.

Terpisah, Ketua Komunitas Batik Bekasi Barito menambahkan, meskipun baru beberapa waktu belakangan ini sejarah Batik Bekasi dimunculkan dan diperkenalkan ke masyarakat, namun tetap harus dijaga dan dilestarikan, serta didukung berbagai upaya pelestariannya, agar sejarah dan filosofinya tidak punah tergersu zaman.

“Harapannya, dengan dukungan Pemkot Bekasi, ke depan semoga semua masyarakat luas dapat lebih mengenal Batik Bekasi, tidak hanya di lingkup Kota Bekasi,” harapnya. (*)

BACA JUGA :  Nobar Film Susi Santi, Grand Metropolitan Adakan Pertandingan Badminton Indoor Love All CUP

News Feed